Inilah Sosok Wanita Indonesia Pertama Menginjakkan Kaki di Titik Paling Selatan Bumi

Inilah Sosok Wanita Indonesia Pertama Menginjakkan Kaki di Titik Paling Selatan Bumi

Foto : Putri Handayani di kutub Selatan.-Inilah Sosok Wanita Indonesia Pertama Menginjakkan Kaki di Titik Paling Selatan Bumi-Google.com

PAGARALAMPOS.COM - Akhirnya, Putri Handayani berhasil mengibarkan bendera Merah putih di Kutub Selatan, titik paling Selatan Bumi pada 28 Desember 2023.

Dia menempuh delapan hari berjalan menggunakan ski sambil menarik sled seberat 30 kilogram di garis lintang 89°S-90°S (South Pole Last Degree). Bendera Merah-Putih dikibarkan tepat pada pukul 13.00 waktu Punta Arenas, Chili. 

Dunia telah mencatat nama Roald Amundsen, seorang penjelajah asal Norwegia yang menjadi orang pertama mencapai Kutub Selatan pada 14 Februari 1911.

Kini, Putri berhasil menjadi orang Indonesia pertama yang mencapai titik paling selatan Bumi melalui Ekspedisi Road to The Explorer’s Grand Slam “Antartic-8”. 

BACA JUGA:Bikin Gempar! Penemuan Piramida Misterius di Kutub Antartika, Benarkah itu?

“Sungguh bersyukur bisa sampai ke titik ini, apalagi setelah mengalami sendiri angin dingin yang ekstrem, berjalan tertatih-tatih dengan ski dan akhirnya sampai ke ceremonial south pole," kata Putri. 

Dia menambahkan, "Lelah, terharu dan bangga, semua perasaan itu campur aduk, apalagi kalau ingat belum pernah ada orang Indonesia yang sampai sini.”

Selebrasi tersebut dilakukan Putri di titik Ceremonial South Pole dengan latar 12 bendera negara yang secara resmi melakukan perjanjian Antarktika dan perjanjian terkait, yang secara kolektif dikenal sebagai Antarctic Treaty System (ATS). 

Perjanjian ATS ini mengatur hubungan internasional tentang Antarktika, satu-satunya benua di Bumi yang tidak memiliki populasi manusia asli. 

BACA JUGA:Sejarah Shinsengumi, Pasukan Khusus Melindungi Benteng Kekaisaran Jepang

Pencapaian ini merupakan salah satu dari dua target ekspedisi Putri. Misinya yang lain, yaitu mengibarkan bendera Merah Putih di Puncah Gunung Vinson (4,892 mdpl). Sayangnya misi tersebut gagal akibat cuaca ekstrem yang sangat berbahaya bagi keselamatan pendaki.

Putri menyebut bahwa suhu sekitar pada hari itu mencapai -38 derajat Celcius dengan wind chill sebanding dengan -45 hingga -50 derajat Celcius. Kondisi tersebut membuat manusia rentan dengan serangan frostbite yang sangat berbahaya bagi tubuh. 

Tidak menyerah, Putri menunggu slot pendakian ke-2 pada 10-21 Januari 2024 yang merupakan pendakian terakhir di musim ini. Selama menanti keberangkatan, Putri diterima oleh Duta Besar Indonesia untuk Chili, Muhammad Anshor. Putri dipersilakan untuk beristirahat di Wisma KBRI di Santiago, Chili.


Foto : Putri Handayani di kutub Selatan.-Inilah Sosok Wanita Indonesia Pertama Menginjakkan Kaki di Titik Paling Selatan Bumi-Google.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: