Makanan Khas Jogja yang Cocok untuk Berbuka Puasa: Gudeg, Sate Klathak, Bakmi Jawa, Soto Betawi, dan Es Dawet

Makanan Khas Jogja yang Cocok untuk Berbuka Puasa: Gudeg, Sate Klathak, Bakmi Jawa, Soto Betawi, dan Es Dawet

Makanan Khas Jogja yang Cocok untuk Berbuka Puasa: Gudeg, Sate Klathak, Bakmi Jawa, Soto Betawi, dan Es Dawet Ayu - Foto : Dok/ Pagaralampos.com--

JOGJA, PAGARALAMPOS.COM - Untuk berbuka puasa di JOGJA, ada banyak makanan khas yang bisa dicoba. Berikut adalah beberapa artikel makanan khas JOGJA yang cocok untuk berbuka puasa:

1. Gudeg: Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam suwir, telur, dan sambal goreng krecek. Makanan ini sangat cocok untuk berbuka puasa karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.

2. Sate Klathak: Sate Klathak adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang dipanggang dengan cara digantung pada tusuk sate yang terbuat dari bambu. Sate Klathak biasanya disajikan dengan nasi atau lontong dan sambal kacang. Makanan ini sangat cocok untuk berbuka puasa karena kandungan proteinnya yang tinggi.

3. Bakmi Jawa: Bakmi Jawa adalah mi khas Jogja yang terbuat dari mie kuning yang dicampur dengan irisan daging sapi, tauge, dan sayuran lainnya. Bakmi Jawa biasanya disajikan dengan kuah kaldu ayam atau sapi dan kerupuk. Makanan ini sangat cocok untuk berbuka puasa karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.

BACA JUGA:7 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Hits dan Wajib Dikunjungi

4. Soto Betawi: Soto Betawi adalah makanan khas Betawi yang juga populer di Jogja. Soto Betawi terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah, dan disajikan dengan nasi, bihun,tauge, dan potongan kentang serta daun seledri. Makanan ini sangat cocok untuk berbuka puasa karena kandungan protein dan karbohidratnya yang tinggi.

5. Es Dawet Ayu: Es Dawet Ayu adalah minuman khas Jogja yang terbuat dari santan, gula merah, dan tepung ketan hitam. Es Dawet Ayu disajikan dengan es serut dan cocok untuk melepas dahaga setelah berbuka puasa.

Itulah beberapa artikel makanan khas Jogja yang cocok untuk berbuka puasa. Semoga bermanfaat!*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: