Rusia Boyong MBT Leopard 2A6 je Moskow, Show of Force Alutsista di Patriot Park

Rusia Boyong MBT Leopard 2A6 je Moskow, Show of Force Alutsista di Patriot Park

BACA JUGA:Perang Versus Ukraina, Rusia Terjunkan MBT Tanpa Awak, Persenjataannya Seperti Ini

Tampaknya telah hilang sama sekali. Namun kisi-kisi di sisi menara, yang dirancang untuk proteksi rudal anti-tank tampaknya tetap utuh.

Informasi dari sumber Rusia menunjukkan bahwa tank ini disita selama konflik di dekat Avdiivka. Laporan Rusia menunjukkan bahwa satu peleton pasukan Rusia berhasil melakukan penyergapan, memaksa awak MBT Ukraina meninggalkan ranpur mereka. Namun keterangan ini belum diverifikasi atau dikuatkan secara independen.

Seperti dilansir media Jerman, Bild, Kementerian Pertahanan Jerman banyak berinvestasi dalam memantau kondisi tank Leopard yang mereka pasok ke Ukraina.

Jurnalis Jerman berspekulasi bahwa sebagian besar dari 18 tank yang dikirim ke Ukraina seringkali memerlukan perbaikan di pangkalan khusus. Lithuania diidentifikasi sebagai negara terdekat yang mampu memperbaiki Macan Tutul yang rusak di Ukraina.

BACA JUGA:Rusia Pamer MBT T-72 Iron Mess, Dilengkapi Perisai Jumbo Anti Drone Kamikaze

Leopard 2A6 adalah MBT dikembangkan oleh Krauss-Maffei, sekarang dikenal sebagai Krauss-Maffei Wegmann (KMW) dari Jerman.

Ini adalah versi modern dari Leopard 2A5, yang menampilkan peningkatan signifikan di bidang perlindungan lapis baja, daya tembak, dan kemampuan peperangan elektronik.


Foto : MBT leopard Rusia.-Rusia Boyong MBT Leopard 2A6 je Moskow, Show of Force Alutsista di Patriot Park-Indomiliter.com

Dimensi Leopard 2A6 cukup mengesankan; ia memiliki panjang 9,97 meter [termasuk senjatanya], lebar 3,75 meter, dan tinggi 3,0 meter. Dengan berat sekitar 62,3 ton, tank ini merupakan salah satu tank tempur utama terberat yang saat ini beroperasi.

Leopard 2A6 dilengkapi dengan sistem canggih. Dapur pacunya adalah mesin diesel twin-turbo V-12 berpendingin cairan MTU MB 873 Ka-501, yang menghasilkan 1.500 tenaga kuda.

BACA JUGA:Tangkal Serangan Drone Kamikaze FPV, MBT T-72 Rusia Dipasangi Turret EW

Output ini memungkinkan tangki mencapai kecepatan jalan maksimum 70 km/jam dan kecepatan lintas alam 45 km/jam. Selanjutnya, tangki ini memiliki jangkauan operasional sekitar 500 kilometer.

Persenjataan utama Leopard 2A6 adalah meriam smoothbore Rheinmetall 120 mm L/55. Ini merupakan peningkatan dari meriam L/44 yang digunakan pada MBT Leopard 2A5 dan model sebelumnya.

Pemerintah Jerman rupanya juga memasok amunisi yang terbilang canggih untuk Leopard 2A6 Ukraina. Jenis amunisi yang dimaksud adalah proyektil DM53 A1, yang dikenal sebagai salah satu proyektil tank paling kuat yang dimiliki Angkatan Darat Jerman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: