Rusia Boyong MBT Leopard 2A6 je Moskow, Show of Force Alutsista di Patriot Park

Rusia Boyong MBT Leopard 2A6 je Moskow, Show of Force Alutsista di Patriot Park

PAGARALAMPOS.COM - Setelah beberapa unit hancur dalam perang, akhirnya militer Rusia untuk pertama kalinya dapat membawa Main Battle Tank (MBT) Leopard 2A6 untuk diperlihatkan di Patriot Park, Kubinka, Moskow.

Video pendek yang viral di media sosial memperlihatkan truk trailer membawa Leopard 2A6 milik Ukraina yang terbakar pada bagian lambungnya,

Namun pada bagian sasis dan turret-nya nampak utuh. Spekulasi yang berbedar menyebut MBT buatan Jerman itu didapatkan pasukan Rusia di dekat Avdiivka.

Menurut tweet Clash Report, ini berpotensi menjadi MBT Leopard 2A6 pertama yang ditangkap oleh Rusia. Yang menarik, sumber-sumber Rusia menyebut proses pengambilan MBT ini cukup menantang, karena berde4katan dengan zona tempur aktif.

BACA JUGA:Militer Inggris Luncurkan Prototipe Terakhir MBT Challenger 3, Seperti Ini Ketangguhannya

Laporan Rusia menunjukkan bahwa unit recovery mengaktifkan’ tank tersebut dari medan perang, tetapi tidak berhasil. Hasilnya, diputuskan bahwa tank itu akan lebih baik digunakan sebagai pameran di Patriot Park, Moskow, yang menjadi bukti kekuatan militer Rusia.

Di Patriot Park juga ditampilkan kendaraan ranpur IFV (Infantry Fighting Vehicle) M2 Bradley buatan AS dan Marder 1A3 buatan Jerman.

Sumber dari Bulgarianmilitary.com menyebutkan bahwa setidaknya satu dari lima (atau enam) MBT Abrams yang dieliminasi di medan perang akan ditarik oleh pasukan Rusia.

Selama ini penarikan Abrams tertunda karena alasan lokasi yang terletak pada zona pertempuran sengit yang sedang berlangsung, sehingga membahayakan operasi penarikan MBT oleh pasukan Rusia.

BACA JUGA:Puslabfor Lakukan Olah TKP, Jenazah Teridentifikasi Diserahkan ke Keluarga Duka

Sementara, Rusia mengakui bahwa penarikan MBT Challenger 2 dari Inggris juga menimbulkan tantangan yang signifikan.

Alasannya adalah Challenger 2 yang pertama dan satu-satunya yang hancur saat ini di Ukraina berada dalam kondisi yang sangat buruk.

Leopard 2A6 yang diboyong Rusia mengalami beberapa kerusakan, sebagian besar konstruksi tank masih utuh. Kerusakan terutama terjadi pada sisi kanan belakang.

Kemungkinan besar lubang samping terkena dampak yang besar. Selain itu, sangkar turret, yang biasanya merupakan bagian integral dari desain tank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: