Militer Inggris Luncurkan Prototipe Terakhir MBT Challenger 3, Seperti Ini Ketangguhannya

Militer Inggris Luncurkan Prototipe Terakhir MBT Challenger 3, Seperti Ini Ketangguhannya

Foto : MBT Chalengge 3 Inggris.-Militer Inggris Luncurkan Prototipe Terakhir MBT Challenger 3, Seperti Ini Ketangguhannya-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Setelah foto penampakan pertama kali diperlihatkan pada  IQPC International Armoured Vehicles Conference (IAVC) 2024 (22- 25 Januari 2024) di London.

Kini Angkatan Darat Inggris (Royal Army) secara resmi memperlihatkan prototipe terakhir dari Main Battle Tank (MBT) Challenger 3 garapan perusahaan patungan Inggris-Jerman, Rheinmetall BAE Systems Land.

Seperti diposting Army.mod.uk (18/4/2024), disebut prototipe terakhir MBT Challenger 3 telah keluar dari jalur produksi di Rheinmetall BAE Systems Land (RBSL) di Telford.

Dengan proteksi lapis baja yang canggih dan daya tembak yang dahsyat, Challenger 3 menawarkan serangkaian teknologi tercanggih yang mengesankan.

BACA JUGA:Ditangan Angkatan Darat Chili, MBT Leopard 1 Dikonversi Jadi Self Propelled MLRS 122mm

Menjadikannya MBT paling mematikan dan ‘dapat bertahan’ hidup paling tinggi yang pernah dioperasikan oleh Angkatan Darat Inggris.

Menteri Pertahanan Inggris, Grant Shapps, mengunjungi fasilitas produksi dan bertemu dengan para insinyur dan pekerja magang yang telah bekerja untuk mencapai tonggak penting dalam pengembangan Challenger 3.

Prototipe pertama sudah menunjukkan kemampuannya dalam uji coba, termasuk uji coba di Jerman.

Dan semua prototipe akan diuji dalam kondisi operasional untuk memvalidasi kinerjanya dan melakukan penyempurnaan, sebelum 140 unit Challenger 3 dibuat dan dikirim untuk Angkatan Darat Inggris.

BACA JUGA:Perang Versus Ukraina, Rusia Terjunkan MBT Tanpa Awak, Persenjataannya Seperti Ini

Challenger 3 akan menjadi predator puncak peperangan modern. Dengan daya tembak, perlindungan, dan mobilitas mutakhir yang tak tertandingi, tank ini akan mampu mendominasi medan perang.

Challenger 3 dapat mencapai kecepatan hingga 60 km per jam dan dipersenjatai dengan meriam smoothbore 120 mm dengan kecepatan moncong lebih tinggi dan penetrasi lebih besar dibandingkan pendahulunya, Challenger 2.

Challenger 3 dibekali protekso modular terbaru dan Active Protection System, yang dapat mendeteksi dan menghancurkan serangan roket dan rudal dalam hitungan detik.

Akan menjadikannya salah satu MBT dengan perlindungan terbaik di Eropa, dan dipersiapkan untuk beroperasi hingga tahun 2040.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: