Perang Versus Ukraina, Rusia Terjunkan MBT Tanpa Awak, Persenjataannya Seperti Ini

Perang Versus Ukraina, Rusia Terjunkan MBT Tanpa Awak, Persenjataannya Seperti Ini

PAGARALAMPOS.COM - Selain mengembangkan varian Infantry Fighting Vehicle (IFV) BMP-3 tanpa awak (Udar), Rusia kini mencoba terobosan baru dengan uji coba Main Battle Tank (MBT) T-72 tanpa awak.

Dengan beroperasi tanpa awak, maka sosok MBT dengan berat puluhan ton dapat beroperasi laksana drone, atau sebagai kendaraan tempur darat tanpa awak disebut Unmanned Combat Ground Vehicle (UCGV).

MBT T-72 tanpa awak disebut Sturm, yang nantinya akan dihadirkan di medan perang Ukraina. Menurut artikel Life.RU (10/9/2023), Uralvagonzavod (UVZ) telah memulai tahap pengujian robot tempur tak berawak Shturm, yang dibangun di atas sasis tank T-72B3, dan dimaksudkan untuk ditempatkan di garis depan Ukraina.

Sejatinya, pengembangan proyek MBT tanpa awak oleh UVZ telah dimulai sebelum konflik Ukraina dimulai, namun perkembangan terkini telah mempercepat kemajuannya.

BACA JUGA:Rusia Pamer MBT T-72 Iron Mess, Dilengkapi Perisai Jumbo Anti Drone Kamikaze

Program pengujian ini melibatkan latihan tembakan langsung terhadap berbagai skenario sasaran, dengan fokus pada pemanfaatan persenjataan utama, yaitu meriam smoothbore kaliber 125 mm.

Pakar militer Rusia Yuri Knutov mencatat bahwa pengenalan drone berbasis T-72 dapat menawarkan keuntungan tersendiri bagi Angkatan Bersenjata Rusia.

MBT tanpa awak dapat bergerak maju di bawah tembakan musuh, memastikan keselamatan awaknya, yang tetap berada di luar kendaraan.


Foto : MBT tanpa awak Rusia.-Perang Versus Ukraina, Rusia Terjunkan MBT Tanpa Awak, Persenjataannya Seperti Ini-Indomiliter.com

Knutov menyebutkan bahwa rencana Sturm sebenarnya mencakup empat jenis robot, yang mungkin akan disesuaikan setelah pengujian. Robot-robot ini diuji dengan sistem kecerdasan buatan.

BACA JUGA:Rusia Ciptakan Amunisi Anti Tank Generasi Terbaru, Begini Kekuatannya

Keputusan untuk menggunakan platform T-72B3 dipengaruhi oleh sistem MBT yang tidak terlalu ketinggalan zaman, dilengkapi dengan sistem perlindungan dinamis generasi terbaru.

Yang saat ini digunakan di Ukraina, yang secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan tempur tank tanpa awak ini.

Knutov mengatakan, untuk mengoptimalkan efektivitas tempur, kendaraan lapis baja harus dikerahkan secara strategis, seperti dalam konfigurasi tank carousel yang terdiri dari tiga kendaraan, yang tampaknya lebih menjanjikan daripada mengerahkan unit MBT dalam jumlah besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: