Rusia Pamer MBT T-72 Iron Mess, Dilengkapi Perisai Jumbo Anti Drone Kamikaze

Rusia Pamer MBT T-72 Iron Mess, Dilengkapi Perisai Jumbo Anti Drone Kamikaze

Foto : Tank.-Rusia Pamer MBT T-72 Iron Mess, Dilengkapi Perisai Jumbo Anti Drone Kamikaze,-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Ketimbang ancaman yang berasal dari senjata anti tank dan ranjau darat, sepertinya serangan dari drone kamikaze (loitering munition) menempati peringkat teratas sebagai yang paling menakutkan bagi awak Main Battle tank (MBT) di Perang Ukraina.

Oleh karena itu, serangkaian modifikasi dilakukan baik dari kubu Rusia dan Ukraina untuk mengoptimalkan proteksi pada ranpur berbobot puluhan ton tersebut.

Yang terbaru adalah temuan unik berupa MBT T-72 “Iron Mess” betampang aneh yang ditampilkan pasukan Rusia.

Sejumlah MBT T-72 Rusia diketahui telah ditarik dari medan perang, selain mendapatkan perbaikan, beberapa MBT tersebut mendapatkan upgrade proteksi lapis baja dengan desain aneh yang dijuluki secara tak resmi sebagai Iron Mess.

BACA JUGA:Argentina Dan Jerman Lebih Dulu Produksi Medium Tank TAM, Mirip Ranpur Harimau Pabrikan Pindad

Belum lama ini, pasukan Ukraina melihat pemandangan yang tidak lazim di medan perang, yakni kemunculan sebuah MBT T-72 yang dilengkapi perisai logam berukuran besar yang menyerupai kubah seukuran struktur tank itu sendiri.

Kemunculan MBT T-72 dengan kubah aneh berhasil direkam dalam video pendek, yakni selama serangan baru-baru ini terhadap posisi Ukraina.

Seperti dikutip defence-blog.com (9/4/2024), Insinyur Rusia merancang struktur pertahanan ‘cope cage’ yang sangat besar untuk melawan ancaman drone kamikaze Ukraina yang semakin meningkat. Adaptasi “inovatif” ini memberikan perlindungan tambahan terhadap ancaman udara.

Namun, konsekuensinya awak tank menghadapi keterbatasan dalam visibilitas dan rotasi turret karena desain perisai tersebut.

BACA JUGA:Israel Umumkan Sistem Hanud C-Dome, Berpredikat Combat Proven di Laut Merah

Kabarnya para ahli militer Rusia membenarkan kelemahan ini sebagai kompromi yang diperlukan untuk mengurangi meningkatnya risiko yang ditimbulkan oleh serangan drone kamikaze.

Meskipun perang kian brutal, namun pertempuran langsung relatif jarang terjadi. Sebaliknya, para awak tank lebih sering menjadi korban dari berbagai senjata anti-tank, drone kamikaze, dan ranjau.

BACA JUGA:Rusia Ciptakan Amunisi Anti Tank Generasi Terbaru, Begini Kekuatannya

Pengerahan MBT “Iron Mess” menggarisbawahi sifat peperangan modern yang terus berkembang, dimana kemampuan beradaptasi dan inovasi berbiaya rendah sangat penting dalam menghadapi dinamika ancaman di medan perang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: