Tangkal Serangan Drone Kamikaze FPV, MBT T-72 Rusia Dipasangi Turret EW

Tangkal Serangan Drone Kamikaze FPV, MBT T-72 Rusia Dipasangi Turret EW

PAGARALAMPOS.COM - Dari kasus yang terjadi dalam perang di Ukraina, maka awak Main Battle Tank (MBT) tak bisa lagi menganggap remeh ancaman dari drone kamikaze (loitering muntion).

Bahkan, publikasi media terkemuka Jerman pernah menuturkan bahwa salah satu ketakutan terbesar awak MBT Leopard 2A4 Ukraina adalah serangan dari drone kamikaze FPV (First Person View).

Namun, melihat eskalasi yan terjadi, kedua kubu, baik Ukraina dan Rusia, sama-sama menghadapi drone kamikaze sebagai lawan yang dilematis.

Dari serangkaian usaha untuk mengantisapasi serangan drone kamikaze, yang terbaru dilakukan oleh militer Rusiua dengan mengadopsi perangkat peperangan elektronika (electronic warfare/EW) atau jammer yang lebih kuat dari biasanya.

Dari foto yang berbedar di media sosial, nampak MBT T-72 diintegrasikan dengan menara (turret) EW untuk melawan ancaman drone kamikaze.

BACA JUGA:Setelah Hermes 450, Hizbullah Tembak Jatuh Drone Hermes 900 Israel Dengan Rudal Hanud 358

Turret EW disembunyikan dengan cerdik. Upaya penyembunyian yang rumit mencakup sangkar penahan pada menara tank, yang juga disamarkan dengan baik.

Namun, jika dilihat lebih dekat, foto tersebut memperlihatkan sebuah perangkat yang dipasang tepat di menara tank.

Kamuflase yang rumit membuat sulit menentukan seri model tank T-72 secara akurat. Para analis berpendapat bahwa ini mungkin sudah ada sebelum model T-72BA dan telah digunakan dalam melaksanakan misi yang ditentukan di Ukraina.


Foto : Pertahanan militer.-Tangkal Serangan Drone Kamikaze FPV, MBT T-72 Rusia Dipasangi Turret EW,-Indomiliter.com

Perlu dicatat bahwa sistem peperangan elektronik serupa telah terlihat pada unit lapis baja lokal, seperti pada pelindung T-90M. Sampai saat ini, efektivitas penambahan baru ini masih bersifat spekulatif.

BACA JUGA:Redam Pengaruh Cina Di Oseania, AS Perluas Fasilitas Pangkalan Angkatan Laut Di Papua Nugini

Meskipun tidak ada informasi langsung yang tersedia mengenai model pasti dari sistem EW ini, kemiripan dengan sistem Triton cukup terlihat. Sistem Triton melakukan pengujian di Rusia pada berbagai tank, sebagian besar di zona pengujian tank tahun lalu.

Jika memang ini adalah Triton, tampaknya pengujian tersebut membuahkan hasil yang sukses, dan berpotensi mengindikasikan integrasinya ke dalam tank Rusia tertentu untuk pengujian dalam situasi pertempuran sebenarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: