Jangan Lupa! Inilah Do'a Dan Sunnah Nabi Muhammad SAW Pada Malam Nisfu Sya'ban Yang Sangat Dianjurkan

Jangan Lupa! Inilah Do'a Dan Sunnah Nabi Muhammad SAW Pada Malam Nisfu Sya'ban Yang Sangat Dianjurkan

Jangan Lupa! Inilah Do'a Dan Sunnah Nabi Muhammad SAW Pada Malam Nisfu Sya'ban Yang Sangat Dianjurkan--

Mengerjakan Shalat Sunnah

Shalat sunnah adalah shalat yang dilakukan di luar shalat wajib, sebagai bentuk ibadah tambahan kepada Allah swt. Shalat sunnah memiliki banyak macam dan waktu, salah satunya adalah shalat sunnah nisfu sya’ban.

Shalat sunnah nisfu sya’ban adalah shalat yang dikerjakan pada malam nisfu sya’ban, sebanyak 12 rakaat, dengan membaca surah Al-Fatihah dan surah Al-Ikhlas pada setiap rakaat. Setelah shalat, membaca doa khusus yang berisi permohonan ampunan dan perlindungan dari siksa kubur dan neraka.

BACA JUGA:Mariah Al-Qibtiyah Istri Nabi Muhammad, Budak yang Dihormati dalam Sejarah Islam.

Berikut adalah bacaan doa khusus setelah shalat sunnah nisfu sya’ban:

اللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ، يَا ذَا الطَّوْلِ وَالْإِنْعَامِ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِينَ، وَجَارَ الْمُسْتَجِيرِينَ، وَأَمَانَ الْخَائِفِينَ. اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ شَقِيًّا، أَوْ مَحْرُومًا، أَوْ مَطْرُودًا، أَوْ مُقَتَّرًا عَلَيَّ فِي الرِّزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ شِقَاوَتِي، وَحِرْمَانِي، وَطَرْدِي، وَاقْتَارَ رِزْقِي، وَأَثْبِتْنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الْكِتَابِ سَعِيدًا، مَرْزُوقًا، مُوَفَّقًا، لِلْخَيْرِ، ذَا رِضْوَانٍ. اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Artinya: Ya Allah, ya Dzat yang memberi nikmat tanpa dimintai, ya Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan, ya Dzat yang memiliki kelapangan dan pemberian, tidak ada ilah selain Engkau, penolong orang yang berlindung, pelindung orang yang berlindung, dan tempat aman bagi orang yang takut. Ya Allah, jika Engkau telah menetapkan aku di sisi-Mu dalam kitab yang asal sebagai orang celaka, atau orang yang terhalang, atau orang yang terusir, atau orang yang sempit rezekinya, maka hapuskanlah ya Allah dengan karunia-Mu kecelakaanku, kehalanganku, pengusiranku, dan kesempitan rezekiku, dan tetapkanlah aku di sisi-Mu dalam kitab yang asal sebagai orang yang bahagia, yang mendapat rezeki, yang diberi taufik untuk kebaikan, yang memiliki keridhaan. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, dan dari siksa neraka, dan dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari kejahatan fitnah al-Masih ad-Dajjal.

Demikianlah beberapa doa dan sunnah nabi Muhammad yang baik dilakukan di malam nisfu sya’ban. Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan ampunan, rahmat, dan kebaikan dari Allah swt di malam yang mulia ini. Aamiin.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: