Begitu Indah! Ternyata Inilah Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban Dijelaskan Dengan Hadits

Begitu Indah! Ternyata Inilah Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban Dijelaskan Dengan Hadits

Begitu Indah! Ternyata Inilah Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban Dijelaskan Dengan Hadits--

PAGARALAMPOS.COM -  Malam nisfu sya'ban adalah malam pertengahan bulan sya'ban, yaitu tanggal 15 sya'ban. Pada tahun 2024, malam nisfu sya'ban jatuh pada hari Sabtu malam tanggal 24 Februari. 

Malam ini memiliki keutamaan yang istimewa, sebagaimana dijelaskan dalam beberapa hadits shahih dari Rasulullah SAW. Namun, ada juga hadits-hadits dhaif bahkan maudhu' yang tidak bisa dijadikan dalil untuk memuliakan malam ini.

Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam membedakan antara hadits shahih dan hadits dhaif atau maudhu'.

Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Keutamaan malam nisfu sya'ban yang paling utama adalah Allah SWT mengampuni hamba seluruh-Nya kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan dengan saudaranya.

BACA JUGA: Segera Amalkan! Inilah 5 Weton Yang Rezeki dan Hajatnya Mudah Terkabul Jika Berdoa Dimalam Nisfu Sya'ban

Hal ini berdasarkan hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan At-Tirmidzi. Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah Yang Maha Suci dan Maha Tinggi turun pada malam nisfu sya’ban ke langit dunia, maka Allah SWT mengampukannya lebih banyak dari bulu domba Bani Kalb.”

Bani Kalb adalah salah satu suku Arab yang memiliki banyak domba. Jumlah bulu domba mereka sangat banyak, sehingga menunjukkan betapa banyaknya orang yang mendapatkan ampunan Allah SWT pada malam nisfu sya'ban.

Selain itu, malam nisfu sya'ban juga merupakan malam terijabahnya doa dan hajat kita. Pada malam ini, Allah SWT menurunkan rahmat dan keberkahan kepada seluruhmakhluk-Nya. Hal ini berdasarkan hadits shahih yang diriwayatkan oleh Abu Bakar RA.

BACA JUGA: Bukti Peradaban Islam Samudera Pasai, Ini Kata Pakar Penemuan ratusan Nisan Abad 13 Milik Kesultanan Aceh

Rasulullah SAW bersabda:

“Allah SWT turun ke langit dunia pada malam pertengahan bulan Sya’ban, lalu Dia mengampuni semua makhluk, kecuali orang musyrik atau orang yang ada kedengkian di hatinya.”

Hadits-hadits yang Menjelaskan Keutamaan Malam Nisfu Sya'ban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: