Indonesia Punya Cerita, Inilah Cara Suku Besemah Memperhatikan Yatim Piatu dan Janda, Cus Simak BOS.

Indonesia Punya Cerita, Inilah Cara Suku Besemah Memperhatikan Yatim Piatu dan Janda, Cus Simak BOS.

Rumah adat baghi suku Besemah-Google.com-net

“Mungkin karena faktor masuknya budaya dari luar. Orang kita Besemah tak percaya denga adat istiadat diri sendiri,”sebutnya.

Menurut pandangan Budayawan Sumatera Selatan Vebri Al-Lintani, tergerusnya kearifan lokal Besemah tak bisa dipisahkan dengan sejarah kebijakan.

Tergerusnya kearifan lokal ini katanya, dimulai sejak Pemerintah Pusat menghapuskan sistem pemerintahan marga di Besemah.

“Begitu marga dihapuskan dan diganti dengan sistem kecamatan dan desa, kearifan lokal Besemah mulai terkikis,”ucapnya.

BACA JUGA:'Ngulangi Rasan dan Nueghi Rasan', Tradisi Melamar Suku Besemah Yang Tetap Bertahan

Itu  bisa terjadi lanjut Vebri karena desa yang dipimpin seorang Kepala Desa (Kades)maupun kecamatan yang dipimpin camat tidak memiliki peranan secara kultural.

Pejabat desa dan kecamatan hanya berperan dalam bidang struktural saja. Inilah sebabnya peranan kultural yang melekat pada Pesirah - pemimpin marga - seperti menjaga kearifan lokal menjadi hilang.

“Saat ini arahnya menuju individualistis. Padahal masyarakat Besemah ini terkenal dengan komunalnya (kekeluargaan),”tuturnya.

Kondisi itu ditambahkan Vebri, diperparah dengan tujuan pendidikan di masa kini yang mengarah kepada konsumtif. Sekolah katanya didesain untuk menciptakan para pekerja yang siap pakai.

BACA JUGA:Budaya Menjaga Batasan 'Singkuh-Sundi', Cara Suku Besemah Menghindari Perzinahan

“Kalau sekarang kita tanya kamu sekolah di sana untuk apa? Pasti dijawabnya untuk bekerja di sana. Padahal sekolah tidak sesempit itu,”paparnya.

Untuk itu, Satar maupun Vebri mendorong supaya seluruh pihak di Pagaralam untuk segera melakukan tindakan lebih lanjut.

Peranan pemerintah kata Vebri sangat dibutuhkan, misalnya membuat kebijakan supaya masyarakat tidak buta dengan sejarah dan budaya sendiri.

Sejalan dengan Ajaran Islam

BILA dicermati, kearifan lokal masyarakat Besemah yang memperhatikan anak umang dan kerbai jande sejalan dengan ajaran Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: