Indonesia Punya Cerita, Inilah Cara Suku Besemah Memperhatikan Yatim Piatu dan Janda, Cus Simak BOS.

Indonesia Punya Cerita, Inilah Cara Suku Besemah Memperhatikan Yatim Piatu dan Janda, Cus Simak BOS.

Rumah adat baghi suku Besemah-Google.com-net

BACA JUGA:Tradisi 'Belanju dan Beghantagh', Cara Masyarakat Besemah Mengingat Asal dan Pererat Silaturahmi Saat Lebaran

Banyak perintah Allah yang termuat dalam ayat Al-Qur’an yang menyuruh berbuat baik kepada anak-anak yatim dan janda miskin. Demikian pula denga hadist Nabi Muhammad SAW.

Dalan surah An-Nisa ayat 36 misalnya Allah berfirman yang berarti “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun.

Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin….”.

Lalu dalam surah Al-Baqarah ayat 1777 Allah yang  berfirman, artinya, “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin,”

BACA JUGA:Kisah Cinta Penuh Perjuangan, Inilah Sejarah Cinta Putri Tribhuwana Tunggadewi dan Gajah Mada yang Melegenda

Bagaimana dengan kerbai jande dibiyekah? Juga sejalah dengan ajaran Islam. Banyak  hadist Nabi Muhammad SAW yang memerintahkan umat muslim untuk membantu para janda miskin.

Misalnya saja dalam hadist berikut ini yang berarti “Orang yang berusaha menanggung para janda dan orang miskin itu sama seperti orang yang berjihad di jalan Allah, orang yang qiyam (menegakkan sholat) malam tanpa istirahat dan seperti orang yang berpuasa tanpa berbuka”. [HR Muslim: 2982, al-Bukhoriy: 5353, 6006, 6007.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: