Simak 5 Tips Sederhana yang Mudah Dilakukan untuk Jaga Kesehatan dari Asam Urat

Simak 5  Tips Sederhana yang Mudah Dilakukan untuk Jaga Kesehatan dari Asam Urat

Jangan Sampai Menyesal! Inilah Tips Sederhana yang Mudah Dilakukan untuk Jaga Kesehatan dari Asam Urat -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan permanen pada tulang, sendi, dan jaringan serta berisiko menyebabkan penyakit ginjal dan jantung. Selain itu, juga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit hati berlemak.

Makanan dan minuman tinggi purin seperti ikan salmon, udang, lobster, dan sarden, daging merah, jeroan seperti hati, serta makanan dan minuman yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi dan alkohol dapat meningkatkan asam urat.

Asam urat merupakan produk sisa metabolisme purin yang dihasilkan oleh tubuh setelah mencerna makanan.

Purin adalah senyawa yang secara alami terdapat dalam berbagai makanan seperti daging merah, jeroan, dan beberapa jenis makanan laut. Jika pencernaan tidak lancar, kadar asam urat dalam darah bisa meningkat dan berbahaya bagi tubuh.

BACA JUGA:Tahukah Kamu Dibalik Kehangatannya Ternyata Wedang Jahe Miliki Ragam Manfaat untuk Kesehatan Loh!

BACA JUGA:Inilah Manfaat Baik Untuk Kesehatan Jika Kamu Suka Konsumsi Yogurt

Kondisi ini disebut hiperurisemia, yang bisa menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan seperti asam urat, penyakit ginjal, diabetes, dan masalah kardiovaskular. Untuk mencegah kambuhnya asam urat, sebaiknya terapkan pola hidup sehat, antara lain menghindari makanan tinggi purin dan gula berlebih.

Asam urat juga bisa diobati dengan obat-obatan seperti Voltaren Emulgel, Salonpas Koyo Patches, dan Droneurobion. Hiperurisemia adalah kondisi yang sering menjadi perhatian karena dapat menyebabkan nyeri sendi yang tiba-tiba dan menyulitkan aktivitas sehari-hari.

Berikut adalah 5 tips sederhana untuk menjaga kesehatan asam urat:

1. Batasi konsumsi gula berlebih

Hindari gula tambahan seperti sirup jagung fruktosa tinggi yang sering ada dalam makanan olahan. Gantilah dengan buah segar atau smoothies dengan pemanis alami seperti madu. Minum banyak cairan untuk membantu ginjal mengeluarkan asam urat lebih cepat.

BACA JUGA:5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan

BACA JUGA:Jangan Tunggu Sakit! Begini Tips Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh di Saat Musim Hujan

2. Kurangi stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: