Ada Jejak Majapahit di Kampung Manjopaiq Sulawesi Barat Begini Sejarahnya

Ada Jejak Majapahit di Kampung Manjopaiq Sulawesi Barat Begini Sejarahnya

Foto : Jejak majapahit di kampung Manjopaig dalam foto google earth.--National geographic

PAGARALAMPOS.COM - Buku Negara Kertagama banyak memuat informasi yang mengungkap kehidupan Majapahit di masa lalu. Perbuatan masa lalunya dicatat dalam buku. Namun, masih banyak rahasia.

Keberadaan desa Manjopaik di Sulawesi Barat ada kaitannya dengan Majapahit. Manjopaik adalah nama tempat sebuah desa di pesisir pantai Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Kesamaan toponim menghubungkan pulau ini dengan Kerajaan Majapahit yang agung dan peradaban yang ada sepanjang sejarah nusantara.

Tentu saja banyak penelitian yang dilakukan untuk memperjelas keberadaan Majapahit di Sulawesi.

Muhammad Sadri Mustafa menulis di majalah Pusaka: Buku hariannya berjudul ``Perjanjian Raja Bone dan Rajah Luwu dalam Naskah Atriolon li Luwu'' dan diterbitkan pada tahun 2013.

BACA JUGA:Menelisik Kehidupan Multikulturalisme di Majapahit

BACA JUGA:Sejarah Bangkai Kapal Batavia, Karam Akibat Kebrutalan Bajak Laut

Menurut Sadri, Majapahit mempunyai hubungan baik dengan kerajaan-kerajaan di Sulawesi.

Majapahit bersahabat dengan kerajaan Majapahit di Jawa, seperti yang tercatat dalam Negarakertagama karya Mpu Prapanka, tulisnya.

Kedekatan hubungan Luwu dan Majapahit bermula ketika Anakazi Luwu menikah dengan putri Majapahit bernama Puteri Tapachina. Hubungan ini juga dikenal sebagai “politik ranjang”.

Jejaknya ada di Sulawesi Selatan bersama Luwu, dekat dengan keberadaan Manjo Pike di kawasan Polewali Mandar Sulawesi Barat. Majapahit juga diduga memperluas pengaruhnya di sana.

BACA JUGA:Majapahit: Jejak Sejarah Kerajaan dengan Kekuatan Militer Terkuat yang Pernah Ada di Nusantara

BACA JUGA:Mengurai Sejarah Akhir Abad ke-13: Asal Usul Majapahit dan Lamajang Tigang Juru

Kontak antara Majapahit dan Mandal memberikan nuansa Hindu pada Majapahit, meskipun agama Hindu belum sepenuhnya tersebar luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: