Situs Penting di Sri Lanka, Jadi Saksi Sejarah Perjuangan

Situs Penting di Sri Lanka, Jadi Saksi Sejarah Perjuangan

Foto : Benteng Sigiruya di Sri Lanka.-Situs Penting di Sri Lanka, Jadi Saksi Sejarah Perjuangan -National geographic

BACA JUGA:Sejarah Hajar Aswad, Diriwayatkan Batu Langit Yang Dibawa Malaikat Jibril

Candi-candi tersebut berisi patung-patung yang diukir dari batu padat. Lusinan Buddha berbaring, duduk, dan berdiri; dan dindingnya dihiasi mural warna-warni.

Sigiriya

Sigiriya adalah ibu kota abad pertengahan yang paling singkat namun paling luar biasa dalam sejarah Sri Lanka.

Sigiriya pernah digunakan oleh para biksu sebagai tempat perlindungan keagamaan sejak abad ke-3 SM. Namun sekitar 700 tahun kemudian Sigiriya menjadi tempat yang sangat penting dalam sejarah Sri Lanka.

Pembangunan benteng ini berlangsung cepat dan terjadi dalam keadaan yang dramatis. Kassapa, putra bungsu Raja Dhatusena, mengasingkan pewaris takhta (Mogallana) ke India. Kassapa juga membunuh ayahnya dalam upaya untuk mengeklaim kerajaan untuk dirinya sendiri.

BACA JUGA:Mengungkap Jejak Sejarah Cirebon yang Berhubungan dengan Prabu Siliwangi

Khawatir akan pembalasan dari saudaranya, Mogallana, Kassapa membangun istana dan benteng baru di atas batu Sigiriya. Batu tersebut menjulang 200 meter di atas hutan sekitarnya, sekitar 50km tenggara Anuradhapura. Sebuah kota baru dibangun di sekitar dasar batu hanya dalam waktu 7 tahun.

Pada tahun 491 M, Mogallana kembali untuk merebut kembali takhta. Kassapa melakukan kesalahan fatal dengan meninggalkan bentengnya yang tidak bisa ditembus untuk menemui pasukan penyerang di dataran di bawah.

Di puncak pertempuran, gajahnya melarikan diri, membiarkan Kassapa tanpa perlindungan. Ia pun ditangkap dan dikalahkan ketika pasukannya mundur.

Saat ini, Sigiriya menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di Sri Lanka. Di sinilah satu-satunya lukisan non-religius dari Sri Lanka kuno dapat ditemukan.

BACA JUGA:Menggali Sejarah Asal-usul Gunung Arjuna! Konon Hasil Petapaan Anggota Pandawa

Lukisan dinding terkenal, yang dikenal sebagai The Sigiriya Damsels, dilukis di permukaan batu pada abad ke-5. Hanya 21 gambar gadis yang bertahan dari 500 gambar asli.

Kuil gigi: situs ziarah paling penting di Sri Lanka

Daya tarik utama di kota perbukitan Kandy adalah Temple of the Tooth. Legenda mengatakan bahwa sebagian jenazah Buddha diselamatkan setelah kremasinya pada tahun 543 SM, termasuk sebuah gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: