Rusia Luncurkan Nikolai Kamov, Kapal Latih Operasi Penerbangan Helikopter di Lautan

Rusia Luncurkan Nikolai Kamov,  Kapal Latih Operasi Penerbangan Helikopter di Lautan

Foto : Kapal Latih Nikolai Karnov-Rusia Luncurkan Nikolai Kamov, Kapal Latih Operasi Penerbangan Helikopter di Lautan-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Ada yang unik dari Angkatan Laut Rusia, yaitu menyediakan jenis kapal yang dirancang khusus untuk kegiatan latihan operasional helikopter (naval aviation).

Persisnya, pada 26 April 2024, “Nikolai Kamov”, resmi menjadi kapal pertama dan satu-satunya dari Project 14400, yaitu jenis kapal yang dirancang untuk melatih pilot helikopter angkatan laut.

“Nikolai Kamov” diluncurkan oleh Ship Repair and Shipbuilding Corporation di Gorodets, wilayah Nizhny Novgorod.

Kapal yang diberi nama sesuai nama perancang pesawat Nikolai Ilyich Kamov ini, peletakan lunas pertamanya dilakukan pada 28 Juni 2018 dan meninggalkan gudang kapal pada 18 Oktober 2021.

Seperti dikutip Navyrecognition.com, pihak perancang “Nikolai Kamov” adalah Naval Architecture and Marine Engineering Center Baltsudoproek, dan dipesan oleh Krylov State Research Centre (KSRC) untuk kebutuhan Angkatan Laut Rusia.

BACA JUGA:Sempat Mandeg, Rusia Siap Negosiasi Lagi Pengadaan Sukhoi, Jika Indonesia Minat

Setelah selesainya konstruksi dan sea trial, “Nikolai Kamov” akan dipindahkan ke 859th Center for Combat Use and Retraining of Naval Aviation Flight Personnel yang berbasis di Yeisk.

Yang mana fasilitas di Yeisk akan memainkan peran penting dalam pengembangan profesional personel penerbangan Angkatan Laut Rusia, meningkatkan kemampuan tempur dan operasional mereka.

Dengan bobot total kurang dari 900 ton, kapal ini berukuran panjang 66,9 meter, lebar 12,7 meter, dan draft 2,1 meter. “Nikolai Kamov” dapat mencapai kecepatan tertinggi 12 knot, memiliki jangkauan jelajah 500 mil, dan endurance berlayar selama dua hari.


Foto : Kapal Latih Nikolai Karnov-Rusia Luncurkan Nikolai Kamov, Kapal Latih Operasi Penerbangan Helikopter di Lautan-Indomiliter.com

Kapal ini dibekali peralatan khusus yang mensimulasikan berbagai skenario pendaratan dek untuk tujuan pelatihan pengoperasian helikopter Kamov Ka-27/29/31 dan Ka-52.

BACA JUGA:Korvet Kepresidenan KRI Bung Karno 369 Diluncurkan, Gantikan KRI Barakuda 633

Serta pengujian helikopter berbasis kapal jenis baru. Pelatihan ini dianggap penting untuk mempersiapkan pilot menghadapi tuntutan operasi angkatan laut yang kompleks.

Simulasi pada kapal ini dirancang untuk latihan lepas landas dan mendarat dalam berbagai kondisi, termasuk skenario cuaca yang berbeda, siang atau malam, dan dengan pergerakan kapal seperti berguling hingga 10 derajat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: