Korvet Kepresidenan KRI Bung Karno 369 Diluncurkan, Gantikan KRI Barakuda 633

Korvet Kepresidenan KRI Bung Karno 369 Diluncurkan, Gantikan KRI Barakuda 633

PAGARALAMPOS.COM - Terbilang cepat, sejak prosesi pemberian nama kapal (shipnaming) KRI Bung Karno 369 pada 20 Juni 2022, maka Rabu 19 April 2023, korvet kepresidenan KRI Bung Karno 369 telah resmi diluncurkan oleh KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali di galangan pembuat, PT Karimun Anugrah Sejati di Tanjung Uncang Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Hadirnya kapal Korvet KRI Bung Karno 369 ini dilatarbelakangi tugas pokok TNI, seperti menuntut pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut dalam pelaksanaan Operasi Militer untuk Perang (OMP).

Serta mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Dan pengadaan KRI Bung Karno 369 merupakan strategi efektif dan efisien untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas OMP dan OMSP, khususnya dalam pengamanan VVIP Presiden.

Kapal ini merupakan hasil karya anak bangsa yang telah menjadi komitmen TNI AL dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) untuk mewujudkan kemandirian dalam pembangunan kekuatan pertahanan matra laut,” jelas Ali.

BACA JUGA:Pengadaan Korvet Hibah Pohang Class Untuk TNI AL Telah Mendapat Lampu Hijau

Operational Reguirement KRI Bung Karno 369, selain berorientasi kepada kemampuan sebagai kapal kelas Korvet.

Juga berfungsi mengamankan WVIP Presiden dalam berkegiatan di laut sesuai dengan standar pengamanan VVIP, yang memiliki kemampuan persenjataan dan pertahanan mumpuni.

Kapal ini memiliki kemampuan anti surface warfare, anti air warfare, anti submarine warfare dan electronic warfare, serta mampu membawa helikopter sebagai sarana escape dari udara,” katanya.


Foto : Korvet Bung Karno.-Korvet Kepresidenan KRI Bung Karno 369 Diluncurkan, Gantikan KRI Barakuda 633-Indomiliter.com

Ia melanjutkan, Korvet KRI Bung Karno 369 nantinya akan menggantikan kapal kepresidenan yaitu, KRI Barakuda 633 yang sudah beroperasi selama 27 tahun. Korvet Bung Karno 369 nantinya akan memperkuat jajaran TNI AL di satuan kapal Eskorta (Satkor) Komando Armada I.

BACA JUGA:Korvet Korea Selatan Karam Akibat Ditabrak Torpedo Korea Utara

Dari spesifikasi, KRI Bung Karno 369 punya panjang 73 meter dan lebar 12 meter. Korvet ini ditenagai oleh dua mesin diesel 4.000 KW yang memungkinkan melaju dengan kecepatan jelajah 16 knots dan kecepatan maksimum 24 knots.

KRI Bung Karno diawaki 55 orang personel. Sebagai kapal kepresidenan dan VVIP, KRI Bung Karno dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi dan interior yang mewah.

KRI Bung Karno 369 akan dipersenjatai meriam Marlin kaliber 40 mm buatan Leonardo pada haluan dan dua pucuk kanon penangkis serangan udara (PSU) kaliber 20 mm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: