Kapal Jung Majaphit, Penguasa Lautan Indonesia, Konon Pemersatu Nusantara, Benarkah?

Kapal Jung Majaphit, Penguasa Lautan Indonesia, Konon Pemersatu Nusantara, Benarkah?

Foto : Ilustrasi kapal jung berbagai jenis dizaman kerajaan sebagai kapal dagang dan kapal militer kerajaan. --Wikipedia

PAGARALAMPOS.COM - Mengulas kapal Jung, yang dsebut juga kapal layar ada dua jenis jung yang terkenal.

Yaiitu jung Jawa dan jung China. Di China, ada dua jenis yakni jung China Utara yang dikembangkan dari perahu sungai Cina.

Dan jung China yang dikembangkan pada dinasti Song (960–1279 masehi)

Untuk ukuran  kapal jung Jawa, adalah 313,2–391,5 m (dikutip wikikedia). Catatan historis, kapal jung mulai dibuat sudah ada pada zaman kerajaan kerajaan

BACA JUGA:Terkenal Si Penguasa Lautan Nusantara, Inilah Sejarah Kapal Jung Milik Kerajaan Majapahit

Sebut saja, Kerajasn Sriwijaya, Majapahit, Mataram hingga Demak, dimasa rajs Hayam Muruk.

Dari zaman kerajaan tersebut, kapal Jung dibuat berukuran raksasa. Mungkin, karena kapal layar ini juga difungsikan untuk mengangkut pasukan kerajaan dalam jumlah besar.

Sebagian lagi, kapal jung digunakan sebagai armada dagang. Seperti yang digunakan saudagar china yang datang ke Indonesia.

BACA JUGA:Menjadi Pertapaan Para Jawara! Berikut 7 Misteri Gunung Sunda

Seperti dizamannya kerajaan Majapahit, yang diawali kerajaan Sriwijaya mempunyai cita cota penyatuan nusantara, pulau pulau di masa itu.

Sejak Sriwijaya dan juga sejak Majapahit. Pada masa Kejayaan Majapahit di Zaman Raja Hayam Wuruk yang bergelar Rajasanegara (1350-1389). 

Di padu dengan patih yang terkenal gagah perkasa Patih Gajah Mada yang bergelar Mahapatih Amangkubhumi Majapahit telah menyatukan gagasan persatuan yang dibingkai dalam kata “Nusantara”.

Penyatuan pertama dimasa Kerajaan Sriwijaya dan kemudian dilanjutkan dengan masa Majapahit yang diperkuat gagasannya oleh Patih Gajah Mada.

BACA JUGA:Benarkah Pesantren Gaib Ada di Gunung Sunda? Ini Penjelasannya dan 7 Kisah Misteri Lainnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: