Legenda Armada Jung Majapahit, Kapal Militer Raksasa Tak Mempan Ditembus Meriam

Legenda Armada Jung Majapahit, Kapal Militer Raksasa Tak Mempan Ditembus Meriam

PAGARALAMPOS.COM - Legenda kapal raksasa dimasa kerajaam di Jawa tercatat dalam sejarah dunia. Orang Jawa menyebutnya "jung" yang dalam bahasa Jawa Kuno berarti perahu. jung Jawa ada sejak abad ke-8 ketika perkapalan Nusantara mencapai puncak kejayannya.

Seperti salah satu cerita yang tertulis di buku sejarah dimana sebelum tragedi Bubat tahun 1357, Raja Sunda beserta keluarga besarnya datang ke Majapahit.

Mereka datang setela berlayar di laut jawa dengan armada 200 kapal besar dan 2.000 kapal kecil.

Kapal yang dinaiki keluarga kerajaan adalah sebuah jong hibrida Cina-Asia tenggara bertingkat sembilan (Bahasa Jawa kuno: Jong sasanga wangunan ring Tatarnagari tiniru).

BACA JUGA:Kapal Jung Jawa Armada Terbesar Di Nusantara, Sudah Ada Sejak 111 Sebelum Masehi?

Kapal hibrida ini mencampurkan teknik China dalam pembuatannya, yaitu menggunakan paku besi selain menggunakan pasak kayu dan juga pembuatan sekat kedap air (watertight bulkhead), dan penambahan kemudi sentral.

Jenis kapal lain yang digunakan Majapahit adalah malangbang, kelulus, jongkong, cerucuh, tongkang, dan pelang.


Foto : Kapal Jung, ilustrasi.-Legenda Armada Jung Majapahit, Kapal Militer Raksasa Tak Mempan Ditembus Meriam-Google.com

Pada abad ke-16, lancaran dan penjajap juga digunakan.

Penggambaran angkatan laut Majapahit pada masa modern sering kali menggambarkan kapal-kapal bercadik, namun pada kenyataannya kapal ini berasal dari abad ke-8 yaitu kapal Borobudur, yang digunakan dinasti Sailendra.

BACA JUGA:Sejarah Kapal Jung di Abad 14, Dimasa Majapahit Menguasai Lautan Asia Tenggara

Penelitian oleh Irawan Djoko Nugroho menyimpulkan bahwa jenis kapal utama yang digunakan oleh Majapahit tidak menggunakan cadik, dan menggunakan ukiran Borobudur sebagai dasar rekonstruksi kapal Majapahit adalah salah.

Kerajaan Majapahit yang mengusai Nusantara pada abad Pertengahan memiliki Militer yang sangat kuat dan ditakuti kerajaan-kerajaan lain di Dunia.

Militer Majapahit ini, tidak hanya jago dalam perang di daratan tapi juga ternyata memiliki Armada Laut yang sangat kuat dengan kapal perang yang sangat modren di Zamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: