Dipasang Rudal Anti Tank 9M113 Konkurs, Land Cruiser 4×4 DMS-K Bereinkarnasi Ranpur Tangguh Saingi MBT

Dipasang Rudal Anti Tank 9M113 Konkurs, Land Cruiser 4×4 DMS-K Bereinkarnasi Ranpur Tangguh Saingi MBT

Foto : rudal anti tank.-Dipasang Rudal Anti Tank 9M113 Konkurs, Land Cruiser 4×4 DMS-K Bereinkarnasi Ranpur Tangguh Saingi MBT-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Nama Toyota Land Cruiser punya pamor tersendiri dalam jagad militer global, pasalnya platform kendaraan off-road produksi Jepang ini kerap diadaptasi untuk misi-misi khusus, termasuk dipasangi beragam persenjataan.

Seperti pada ajang EDEX (Egypt Defence Expo) 2023 di Kairo (4 – 7 Desember 2023). Ditampilkan Toyota Land Cruiser 79 Single Cub yang punya kemampuan menghancurkan Main Battle Tank (MBT).

Dikutip Armyrecognition.com, Organization for Industrialization (AOI), perusahaan milik pemerintah Mesir, memperkenalkan rudal anti tank 9M113 Konkurs yang dipasang pada platform Toyota Land Cruiser 79 Single Cub.

Yang diberi label sebagai DMS-K. Dirancang untuk pasukan khusus, DMS-K dapat membawa sampai delapan rudal Konkurs.

BACA JUGA:Kapal Perang Cina Mulai Berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut Kamboja , Mendapat Sorotan Komunitas Pertahanan

Sistem DMS-K memiliki dua rudal Konkurs yang siap digunakan dan memungkinkan peluncuran rudal dua kali berturut-turut sebelum memuat ulang.

Dengan desain kendaraan dan tempat penyimpanan rudal yang ergonomis, maka proses reload rudal dapat dilakukan dengan relatif cepat dan mudah.


Foto : rudal anti tank.-Dipasang Rudal Anti Tank 9M113 Konkurs, Land Cruiser 4×4 DMS-K Bereinkarnasi Ranpur Tangguh Saingi MBT-Indomiliter.com

DMS-K memiliki batas pergerakan horizontal 270° dan rentang pergerakan vertikal -5° hingga 10°. Rudal Konkurs mencapai kesiapan peluncuran dalam 3 detik setelah pemeriksaan mandiri otomatis, dengan waktu persiapan 2 detik untuk peluncuran rudal kedua.

Sistem rudal ini neroperasi pada 12 volt/10 ampere, peluncur DMS-K berbobot 250 kg dan dilengkapi kemampuan zoom 10x dengan resolusi HDMI.

BACA JUGA:Ke UEA dan Arab Saudi Dengan Ilyushin Il-96, Vladimir Putin Dikawal Empat Unit Sukhoi Su-35

Konkurs 9K113 (kode NATO AT-5 Spandrel) dirancang sebagai sistem rudal yang terintegrasi ke dalam DMS-K.

Dikembangkan oleh Perusahaan Pertahanan Rusia KBP, rudal anti tank yang mengdopsi semi-automatic command to line of sight (SACLOS) dengan kendali kabel (wire-guided anti-tank missile).

Rudal ini diperkenalkan kepada militer Soviet pada tahun 1977 dan dirancang untuk menyerang sasaran lapis baja yang bergerak dan tidak bergerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: