Ke UEA dan Arab Saudi Dengan Ilyushin Il-96, Vladimir Putin Dikawal Empat Unit Sukhoi Su-35

Ke UEA dan Arab Saudi Dengan Ilyushin Il-96, Vladimir Putin Dikawal Empat Unit Sukhoi Su-35

PAGARALAMPOS.COM - Dengan berbagai pertimbangan, termasuk alasan keamanan, Presiden Rusia Vladimir Putin membatasi dirinya untuk melakukan lawatan ke luar negeri.

Sejak berperang dengan Ukraina pada 24 Februari 2022, tercatat Presiden Rusia hanya melakukan lawatan ke Belarusia dan Cina, yang notabene kedua negara itu dapat diakses lewat jalur darat.

Seolah membuat kejutan, pada 6 Desember 2023, Vladimir Putin dengan pesawat kepresidenan Ilyushin Il-96 telah mendarat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) dalam kunjungan kenegaraan.

Rute penerbangan (direct) tersingkat antara Moskow dan Abu Dhabi sekitar 3.737 km dengan melintasi ruang udara beberapa negara bersahabat, dan menempuh durasi hampir 6 jam.

BACA JUGA:SA321J Super Frelon, Jejak Sejarah Helikopter Angkut Berat TNI AU dan Pelita Air Service

Hal ini menjadikan rute penerbagan internasional terjauh yang ditempuh Putin sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Yang menarik dari lawatan kenegaraan ini, pesawat kepresidenan Ilyushin Il-96 tidak terbang sendirian, melainkan mendapat kawalan langsung dari empat unit jet tempur multirole Su-35 dengan bersenjata lengkap, termasuk rudal udara ke udara.


Foto : Presiden Rusia Vladimir Putin saat tiba di Arab Saudi.-Ke UEA dan Arab Saudi Dengan Ilyushin Il-96, Vladimir Putin Dikawal Empat Unit Sukhoi Su-35-Indomiliter.com

Tidak seperti lazimnya pengawalan oleh jet tempur pada kepala negara (termasuk Indonesia), maka pengawalan oleh Su-35 kepada Il-96 Putin tidak hanya sampai di batas ruang udara Rusia, melainkan sampai Il-96 tiba di UEA

Keberangkatan flight Su-35 dalam misi pengawalan ke UEA telah diposting dalam video pendek oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

BACA JUGA:Perdananya Sita M2A2 Bradley ODS-SA Dari Pasukan Ukraina, Koleksi Tangkapan IFV Rusia Bertambah

Jarak jangkau Su-35 dengan bahan bakar penuh sekitar 3.600 km. Dengan membawa sejumlah payload dan aspek keamanan dalam penerbangan, maka minimal diperlukan satu kali air refueling.

Kota Dubai di UEA tengah menjadi tuan rumah perundingan iklim COP28 oleh Perserikatan Bangsa Bangsa.

Kunjungan Putin berlangsung meski ada surat perintah penangkapan dari Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) bagi dirinya kerena invasi ke Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: