Kapal Perang Cina Mulai Berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut Kamboja , Mendapat Sorotan Komunitas Pertahanan

Kapal Perang Cina Mulai Berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut Kamboja , Mendapat Sorotan Komunitas Pertahanan

Foto : Armada AL Cina yang berlabuh di pangkalan Kamboja.-Kapal Perang Cina Mulai Berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut Kamboja , Mendapat Sorotan Komunitas Pertahanan-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Meski terus dibantah oleh Kamboja, namun pembangunan pangkalan angkatan laut (Lanal) Ream di Teluk Thailand yang didanai Cina telah mendapat sorotan dari komunitas pertahanan.

Setelah update foto satelit pembangunan Lanal Ream terungkap, maka belum lama ini terkuak secara tidak sengaja, bahwa dua kapal perang Angkatan Laut Cina tengah berlabuh di Lanal Ream.

Dikutip dari AP news (7/12/2023), kapal Angkatan Laut Cina menjadi kapal pertama yang berlabuh di dermaga baru di Lanal Ream yang menurut Amerika Serikat dan beberapa analis keamanan internasional ditakdirkan untuk berfungsi sebagai pos strategis bagi Angkatan Laut Cina.

Docking kedua kapal tersebut, yang hanya mendapat sedikit publisitas, bertepatan dengan kunjungan resmi pejabat tinggi pertahanan Cina, yakni Wakil Ketua Komisi Militer Pusat He Weidong, ke Kamboja minggu ini.

BACA JUGA:Ke UEA dan Arab Saudi Dengan Ilyushin Il-96, Vladimir Putin Dikawal Empat Unit Sukhoi Su-35

Berita tentang setidaknya dua kapal perang AL Cina berlabuh di Lanal Ream muncul secara tidak langsung, yakni melalui postingan Facebook pada hari Minggu oleh Menteri Pertahanan Kamboja Tea Seiha.


Foto : Armada AL Cina yang berlabuh di pangkalan Kamboja.-Kapal Perang Cina Mulai Berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut Kamboja , Mendapat Sorotan Komunitas Pertahanan-Indomiliter.com

Dikatakan bahwa Ia sedang mengunjungi pangkalan tersebut untuk melihat persiapan pelatihan angkatan laut Kamboja dan untuk memeriksa kemajuan pembangunan infrastruktur.

Ia juga mengunggah foto-foto yang memperlihatkan para pejabat Kamboja bersama Duta Besar Cina Wang Wentian, dan sedang meninjau para pelaut Angkatan Laut Cina.

Setidaknya dua kapal perang Cina terlihat di foto-foto tersebut, salah satunya diidentifikasi sebagai korvet Wenshan.

BACA JUGA:SA321J Super Frelon, Jejak Sejarah Helikopter Angkut Berat TNI AU dan Pelita Air Service

Foto satelit yang diambil hari Minggu oleh Planet Labs PBC yang dianalisis oleh The Associated Press menunjukkan dua kapal perang Cina berlabuh di pangkalan tersebut.

Analisis AP, yang membandingkan ukuran kapal dan foto yang dirilis oleh menteri Kamboja menunjukkan bahwa kedua kapal perang tersebut mungkin adalah korvet Type 056A (Jiangdao Class).

Kontroversi mengenai Pangkalan Angkatan Laut Ream awalnya muncul pada tahun 2019 ketika The Wall Street Journal melaporkan bahwa rancangan awal perjanjian yang dilihat oleh para pejabat AS akan mengizinkan Beijing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: