Kroasia Beli 12 Jet Tempur Bekas dari Prancis, Rafale F3-R Gantikan Jet Antik Era Soviet

Kroasia Beli 12 Jet Tempur Bekas dari Prancis, Rafale F3-R Gantikan Jet Antik Era Soviet

Foto : Jet tempur rafale.-Kroasia Beli 12 Jet Tempur Bekas dari Perancis, Rafale F3-R Gantikan Jet Antik Era Soviet-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Pada November 2021, Perancis menyepakati penjualan 12 unit jet tempur Rafale dalam status bekas pakai kepada Kroasia, yang mana kedua belas unit yang dijual ke Kroasia berasal dari stok Angkatan Udara Perancis.

Dan hampir dua tahun berlalu, kini ada kabar bahwa unit perdana Rafale untuk Kroasia telah diserahkan oleh Perancis.

Dikutip dari aerotime.aero (3/10/2023), disebut Angkatan Udara Kroasia, secara resmi menerima jet tempur Dassault Aviation Rafale F3-R pertamanya.

Penyerahan tersebut dilakukan pada 2 Oktober 2023, dalam upacara yang diadakan di Pangkalan Udara Mont-de-Marsan 118 dekat Bordeaux, barat daya Prancis.

BACA JUGA:TNI-Polri Gelar Pasukan Pengamanan KTT AIS 2023, Begini Arahan Panglima dan Kapolri

Pesawat pertama dengan nomor ekor 170 ini merupakan pesawat berkursi ganda (tandem seat) yang akan digunakan Angkatan Udara Kroasia untuk melatih pilotnya.


Foto : Jet tempur rafale.-Kroasia Beli 12 Jet Tempur Bekas dari Perancis, Rafale F3-R Gantikan Jet Antik Era Soviet-Indomiliter.com

Setelah upacara penerimaan resmi pesawat Rafale di Perancis, pilot Kroasia akan menerbangkan ke Pusat Pelatihan Bordeaux, di mana pelatihan lebih lanjut akan dilakukan untuk pilot Angkatan Udara Kroasia.

Total Kroasia memesan 12 pesawat tempur Rafale F3R bekas, yakni 10 jet tempur Rafale C single-seater dan dua jet tempur Rafale B twin-seater dari Angkatan Udara dan Luar Angkasa Perancis.

Tidak itu saja, Kroasia juga memborong sistem persenjataan, suku cadang, logistik, simulator dan layanan pelatihan.

BACA JUGA:IFV Marder 1A3 Donasi Dari Jerman Ke Ukraina Rontok Perdana

Kontrak paket 12 Rafale berikut persenjataan, suku cadang dang logistik, bernilai €1,15 miliar (US$1,3 miliar), dan telah ditandatangani pada November 2021.

Standar Rafale F3R telah kemampuan operasional penuh pada 17 Maret 2021. Varian Rafale F3-R telah mendapatkan beberapa peningkatan, yang mencakup sistem radar AESA RBE2.

Rudal udara-ke-udara jarak jauh Meteor, pod penargetan TALIOS, dan sistem SPECTRA untuk menghadapi peperangan elektronik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: