IFV Marder 1A3 Donasi Dari Jerman Ke Ukraina Rontok Perdana

IFV Marder 1A3 Donasi Dari Jerman Ke Ukraina Rontok Perdana

Foto : Senjata yang.melekat dikendaraan perang.-IFV Marder 1A3 Donasi Dari Jerman Ke Ukraina Rontok Perdana-Indomilitee.com

PAGARALAMPOS.COM - Setidaknya satu dari 20 unit ranpur Infantry Fighting Vehicle (IFV) Marder 1A3 donasi dari Jerman ke Ukraina, kini berstatus dalam kondisi ‘rontok’ alias total loss.

Hal itu berhasil dikonfirmasi dari beredarnya rekaman video pendek di jejaring media sosial, yang memperlihatkan Marder 1A3 yang digunakan pasukan Ukraina terkena sengatan rudal anti tank.

Dari video yang diposting akun Twitter (X) @UAWeapons, disebut ini adalah penghancuran pertama IFV Marder 1A3 yang dikonfirmasi.

Persisnya, ranpur sejenis yang juga digunakan Batalyon Infanteri Mekanis (Yonif Mekanis) TNI AD ini, mendapatkan serangan oleh pasukan Rusia di dekat Verbove, Oblast Zaporizhzhia.

BACA JUGA:Kakorlantas Polri Laksanakan Tactical Floor Game Pengamanan KTT-AIS Forum 2023

Sebuah video beberapa jam sebelumnya menunjukkan kehancuran fisiknya. Para kru dikatakan berhasil menyelamatkan diri.

Menurut berbagai penafsiran pada video, ada dugaan IFV Marder 1A3 mungkin telah dihancurkan oleh kombinasi serangan rudal anti-tank atau setelah melindas ranjau darat.

Ukraina disebut-sebut mulai mengoperasikan 20 unit Marder 1A3 pada awal pada bulan Maret. Unit-unit Marder 1A3 yang lama dalam depo penyimpanan angkatan darat Jerman.

Kemudian dipersiapkan kondisinya agar siap tempur oleh Rheinmetall. Kabarnya, pengiriman batch ketiga Marder 1A3 akan dirilis, dengan rencana 40 unit ranpur yang akan direkondisi untuk kemudian dikirim ke Ukraina pada akhir tahun ini.

BACA JUGA:Pengen Bus Sensasi Hotel Berbintang, Yuk Intip PO Armada Ini

Meski punya reputasi yang baik, Marder 1A3 sejatinya adalah ranpur lawas dari era Perang Dingin. IFV Marder dibuat dari chassis yang dirancang khusus pada awal tahun 1960.

Bila dirunut dari sejarahnya, desain awal Marder adalah untuk menghadapi ranpur IFV dari negara-negara Eropa Timur saat berlangsungnya Perang Dingin.

Tank ini diciptakan sebagai platform umum kendaraan lapis baja yang efektif tanpa mengesampingkan perlindungan dan mobilitas dalam mendukung tank tempur utama yakni Leopard.

Di lingkungan Angkatan Darat Jerman, Marder dioperasikan sebagai senjata utama Panzergrenadiere (infanteri mekanis) dari tahun 1970-an sampai saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: