Taiwan Pamer Helikopter Apache AH-64 Livery Hiu Macan, Simbol Agresivitas Lawan Cina?

Taiwan Pamer Helikopter Apache AH-64  Livery Hiu Macan, Simbol Agresivitas Lawan Cina?

PAGARALAMPOS.COM - Ada yang unik dalam gelaran public airshow di Pangkalan Angkatan Darat Hukou, Kabupaten Hsinchu, Taiwan akhir pekan lalu.

Selain menampilkan atraksi di udara, militer negara tersebut juga memamerkan livery hiu macan (tiger shark) di helikopter Apache AH-64.

Tak ada keterangan resmi dari kementerian pertahanan terkait hal ini. Namun, simbol kerap kali menjadi jawaban implisit dalam merespon sesuatu.

Taiwan diketahui baru-baru ini menggelar airshow bertajuk “National Defense Knowledge Tour 112”. Laporan media lokal menyebut, ada sekitar 110 ribu orang yang menghadiri airshow yang berlangsung saat Cina belakangan semakin agresif masuk ke wilayah udara Taiwan.

BACA JUGA:Kisah Jet Tempur TNI AU Yang ‘Tertahan’ Tujuh Tahun Di AS

Sebagaimana gelaran airshow pada umumnya, Taiwan airshow akhir pekan lalu menampilkan demonstrasi darat dan udara, pameran dan pencapaian peralatan militer, pengalaman interaktif militer, talent recruitment, dan pameran.

Sederet Alutsista yang dimiliki Taiwan pun dipamerkan, seperti helikopter pengintai OH-58D Kiowa, helikopter UH-60M Black Hawk, tank tempur CM-11, rudal Patriot MIM-104F (PAC-3).

Kendaraan lapis baja CM33 Clouded Leopard, M109A5 self-propelled howitzer, helikopter serang Apache AH-64E, dan jet tempur Mirage 2000.

Dari deretan Alutsista itu, dua Apache AH-64E menjadi pusat perhatian lantaran hadir menggunakan livery hiu macan, lengkap dengan gigi, mata, sampai garis-garis layaknya hiu macan di sekujur body Apache AH-64.

BACA JUGA:Tiga Awak Kapal Selam Type 209/1400 Afrika Selatan Tewas Tersapu Gelombang Tinggi

Lebih dari itu, di salah satu helikopter dengan livery hiu macan tersebut, tanpak di dalam mulut ‘sang hiu’ terdapat tank yang hancur digigit hiu macan.


Foto : Helikopter Apache.-Taiwan Pamer Helikopter Apache AH-64 Livery Hiu Macan, Simbol Agresivitas Lawan Cina?-Indomiliter.com

Sekali lagi, Taiwan tak mengatakan apapun terkait maksud dari livery tersebut, apakah tank tersebut adalah tank tempur Cina atau bukan?

Kalaupun tank tersebut adalah tank milik Cina, apakah itu maksudnya Taiwan akan mengalahkan Cina atau bagaimana?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: