Tiga Awak Kapal Selam Type 209/1400 Afrika Selatan Tewas Tersapu Gelombang Tinggi

Tiga Awak Kapal Selam Type 209/1400 Afrika Selatan Tewas Tersapu Gelombang Tinggi

Foto : Evakuasi awak kapal selam.-Tiga Awak Kapal Selam Type 209/1400 Afrika Selatan Tewas Tersapu Gelombang Tinggi-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Musibah pada kapal selam dapat terjadi kapan dan dimana saja, termasuk saat kapal selam berlayar di permukaan. Seperti pada 20 September 2023, kabar duka datang dari Satuan kapal selam Angkatan Laut Afrika Selatan.

Dalam sebuah kegiatan Vertical replenishment (VERTREP) yang memfasilitas pengiriman logistik lewat helikopter, gelombang tinggi yang datang telah menyapu tujuh personel yang ada deck atas.

Buntut dari sapuan gelombang tinggi, tujuh personel kapal selam SAS Manthatisi (S101) jatuh ke laut. Dalam cuaca buruk dan gelombang tinggi

Tiga dari tujuh awak kapal selam hilang di lepas pantai Kommetije di Samudra Atlantik Selatan.

BACA JUGA:Amankan Tahapan Pemilu 2024, Polri Terjunkan 2.130 Personel

Siaran pers Departemen Pertahanan Afrika Selatan, menyebut bahwa saat insiden, SAS Manthatisi sedang dalam pelayaran ke Cape Town, dan melakukan VERTREP atau transfer vertikal untuk bekal ulang logistik menggunakan helikopter Lynx Angkatan Laut Afika Selatan.

Dalam siaran pers, dikatakan insiden terjadi pada sore hari tanggal 20 September 2023, sekitar pukul 14.30 waktu setempat.

Begitu gelombang tinggi menyapu awak yang ada di deck atas kapal selam, segera operasi VERTREP dibatalkan, dan upaya evakuasi langsung dilakukan.

Seorang perenang dari helikopter sempat diterjunkan untuk membantu penyelamatan. Sayangnya, evakuasi terkena dampak negatif dari kondisi laut yang buruk.

BACA JUGA:Tingkatkan Skill Tempur, Yonarhanud 16/Kostrad Gelar Latbak Senjata Berat

Panggilan darurat dilakukan via radio ke Cape Town yang kemudian mengirim NSRI dari Kommetjie. Ketujuh awak kapal selam yang terhempas akhirnya dapat dievakuasi.

Namun, sayangnya ada tiga korban jiwa dan satu perwira senior dalam kondisi kritis.

Anggota yang tersisa, termasuk perenang permukaan dari helikopter, saat ini dirawat di rumah sakit.

Vertical replenishment (VERTREP) adalah metode pengadaan dan pengiriman persediaan dan kargo antara kapal-kapal angkatan laut yang sedang berlabuh atau berlayar di laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: