Arya Damar Punguasa Sumatera Keturunan Majapahit, Apakah ini asal usul Keturunan Suku di Sumsel ?

Arya Damar Punguasa Sumatera Keturunan Majapahit, Apakah ini asal usul Keturunan Suku di Sumsel ?

Waduh! Ternyata Ada 28 Suku di Sumatera Selatan? Ini Daftarnya!-Kolase-Sumeks.co

PAGARALAMPOS.COM - Benarkah suku-suku di Sumsel merupakan keturunan Majapahit, semuanya mesti dibahas lebih lanjut oleh para pakarnya.

Namun dari sejumlah catatan sejarah yang dikumpulkan Pagaalampos, mimin mengambil benang merahnya.

Dimana dipastikan Pulau Sumatera saat Majapahit dipuncak kekuasanya, masuk dalam wilayah taklukan Majapahit dan tunduk kepada Majapahit.  

BACA JUGA:Masa Kejayaan Kerajaan Majaphit, Punya Pasukan Elite Hingga Kapal Raksasa

Informasi yang disadur dari Wikipedia menyebutkan, Sejarawan Cornelis Christiaan Berg menganggap Arya Damar identik dengan Adityawarman, yaitu salah satu penguasa Pulau Sumatra bawahan Majapahit.
 
Nama Adityawarman ditemukan dalam beberapa prasasti yang berangka tahun 1343 dan 1347 Masehi sehingga jelas kalau ia hidup sezaman dengan Arya Damar.
 
Menurut Berg, Arya Damar adalah penguasa Sumatra sementara Adityawarman ternyata juga penguasa Sumatra.
 
Karena keduanya hidup pada zaman yang sama, maka cukup masuk akal apabila kedua tokoh ini dianggap identik.
 
 
Di samping itu, karena Adityawarman adalah putra Dara Jingga, maka Arya Damar dan adik-adiknya juga dianggap sebagai anak-anak putri Melayu tersebut.

Namun asumsi ini belum tentu benar,  karena daerah yang dipimpin Adityawarman bukan Palembang melainkan Pagaruyung.
 
Sedangkan kedua negeri tersebut terletak berjauhan, Palembang sekarang masuk wilayah Sumatra Selatan, sedangkan Pagaruyung berada di Sumatra Barat cukiup jauh.
 
Sementara itu, berita Tiongkok dari Dinasti Ming (1368-1644) menyebutkan bahwa di Pulau Sumatra terdapat tiga kerajaan dan semuanya adalah bawahan Pulau Jawa (Majapahit).
 
 
Tiga kerajaan tersebut adalah Palembang, Dharmasraya, dan Pagaruyung.
 
Dengan demikian, Arya Damar bukan satu-satunya raja di Pulau Sumatra, begitu pula dengan Adityawarman.
 
Karena itu, Arya Damar tidak harus identik dengan Adityawarman.

Meskipun Arya Damar dan Adityawarman hidup pada zaman yang sama, serta memiliki jabatan yang sama pula,
 
tetapi keduanya belum tentu identik. Arya Damar adalah raja Palembang sedangkan Adityawarman adalah raja Pagaruyung. Keduanya merupakan wakil Kerajaan Majapahit di Pulau Sumatra.

 

Berdasarkan cerita sejarah yang populer dikalangan masyarakat Indonesia, kisah Kerajaan Majapahit memiliki banyak versi.

Menurut berbagai sumber yang dihimpun mengatakan, Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang pernah berdiri pada abad ke-13 hingga abad ke-16. Namun, ada juga yang menuliskan berdiri pada abad ke-14 hingga abad ke-15. 

Tidak hanya terkenal dengan wilayah kekuasaannya, Kerajaan Majapahit turut terkenal dengan kekuatan armada militernya yang begitu tangguh dan disegani oleh bangsa lain.

Bukti bahwa Majapahit memang sebuah kerajaan yang besar, banya sumber yang menggambarkan hingga memberikan data akan wilayah kekuasaan Majapahit.

BACA JUGA:5 Suku Asli Sumsel, yang Konon Katanya Keturunan Majapahit, Apa Iya?

Berdasarkan peta wilayahnya, adalah satu wilayah yang memiliki suku dari keturunan Majapahit dan masih ada hingga saat ini.

Salahsatunya adalah, suku yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Tercatat, di Sumsel ada 12 suku besar yang sudah banyak dikenal, belum lagi dengan suku-suku yang belum banyak diketahui orang.

Kalian ingin tahu suku apa saja yang ada di Sumsel?. Nah berikut ini kami sajikan beberapa suku yang ada di Sumsel, Simak ya!

BACA JUGA:Padjadjaran dan Majapahit Bersaudara, Apakah ini Yang membuat Majapahit Tidak Pernah Bisa menaklukannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: