Bersejarah! Ternyata Wisata di Palembang Ini Miliki Nilai Historis Sejak Zaman Kerajaan

Bersejarah! Ternyata Wisata di Palembang Ini Miliki Nilai Historis Sejak Zaman Kerajaan

Bersejarah! Ternyata Wisata di Palembang Ini Miliki Nilai Historis Sejak Zaman Kerajaan-Ari-

PAGARALAMPOS.COM - Dilihat dari posisinya Sumatra Selatan menjadi salah satu provinsi yang kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam dan batu baru. Selain itu, ibu kota provinsi Sumsel, Palembang telah terkenal sejak dahulu karena menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya.

Beberapa peninggalan sejarah di Provinsi Sumsel, baik dari kerajaan Buddha hingga kerajaan Islam masih berdiri kokoh hingga sekarang. Bangunan-bangunan ini bisa memberikan pelajaran sejarah bagi wisatawan yang datang ke tempat ini. Berikut bangunan sejarah di Sumsel yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya


Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya--

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya atau sebelumnya dikenal dengan nama Situs Karanganyar adalah taman purbakal bekas kawasan dan taman yang dikaitkan dengan Kerajaan Sriwijaya. Tempat ini terletak di tepi utara Sungai Musi di Kota Palembang Sumsel.

Di kawasan ini ditemukan jaringan kanal, parit dan kolam yang disusun rapi dan teratur yang memastikan bahwa kawasan ini adalah buatan manusia, sehingga dipercaya bahwa pusat Kerajaan Sriwijaya di Palembang terletak di situs ini.

BACA JUGA:Wow! Wajib Banget Kamu Kunjungi Nih 6 Tempat Wisata yang Hits dan Populer di Temanggung, Jawa Tengah

2. Benteng Kuto Besak


Benteng Kuto Besak--

Kuto Besak adalah bangunan keraton yang pada abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. Gagasan mendirikan Benteng Kuto Besak diprakarsai oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724-1758 dan pelaksanaan diselesaikan penerusnya, Sultan Mahmud Bahauddin.

Waktu yang dipergunakan untuk membangun Kuto Besak ini kurang lebih 17 tahun. Keraton ini ditempati secara resmi pada Senin, 21 Februari 1797. Benteng Kuto Besak saat ini ditempati oleh Komando Daerah Militer (Kodam) Sriwijaya.

3. Jembatan Ampera


Jembatan Ampera-Ari-

Jembatan Ampera sebuah jembatan di Kota Palembang, Provinsi Sumsel. Jembatan Ampera ini telah menjadi semacam lambang kota yang terletak di tengah-tengah kota Palembang yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: