Dengan Kekuatan Besar Militernya, Majapahit Pernah Menguasi 98 Kerajaan Besar, Simak Kisahnya!

Dengan Kekuatan Besar Militernya,  Majapahit Pernah Menguasi 98 Kerajaan Besar, Simak Kisahnya!

Dengan Kekuatan Besar Militernya, Majapahit Pernah Menguasi 98 Kerajaan Besar, Simak Kisahnya!-Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Dalam sejarah, Majapahit tercatat sebagai salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di nusantara. Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya pada sekitar abad ke-12 Masehi di Jawa Timur, dan mencapai puncak keemasan saat masa kepemimpinan Raja Hayam Wuruk pada tahun 1350 hingga 1389.

Dalam 700 Tahun Majapahit: Suatu Bunga Rampai (1993), Sartono Kartodirdjo menjelaskan, pada masa keemasannya, wilayah Majapahit mencapai Semenanjung Melayu dan Tumasik (Singapura).

Padahal, berdasarkan riwayat dari kitab Negarakretagama, pada awalnya wilayah Majapahit hanya merupakan sebuah desa kecil bernama Tarik, tempat yang kini menjadi bagian kawasan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Ekspansi awalnya pun hanya mencapai wilayah-wilayah bekas Kerajaan Singhasari.

Namun, berkat kekuatan yang dibangun oleh Raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada, kerajaan Majapahit meluas pengaruhnya. Sartono menulis, kekuasaan Majapahit tidak hanya terbatas dari segi luas wilayah, tapi juga pengaruh ajaran Hindu yang semakin besar pula.

BACA JUGA:5 Fakta Menarik Gunung Padang, Diantaranya Menjadi Situs Megalith Terbesar di Dunia!

Dalam Negarakertagama, seperti dikutip dari buku Dinamika Islam Filipina, Burma, dan Thailand karya Choirul Fuad Yusuf (2013), disebutkan ada tidak kurang dari 98 kerajaan yang bernaung di bawah kuasa Majapahit pada era pemerintahan Hayam Wuruk bersama Gajah Mada.

Pengaruh Majapahit bahkan sampai ke negeri-negeri seberang, dari Semenanjung Malaya (saat ini wilayah Malaysia dan Brunei), Tumasik (Singapura), hingga sebagian Thailand dan Filipina.

Pada masa kejayaannya, angkatan laut Majapahit dikisahkan begitu digdaya sehingga kerajaan ini disebut sebagai Talasokrasi atau Kemaharajaan Bahari.

Selain penataan birokrasi pemerintahan, sistem hukum, dan nilai-nilai tradisi besar kekuatan militer memang jadi modal penting bagi Majapahit untuk memperluas pengaruh kekuasaannya.

BACA JUGA:Majapahit Sang Penguasa Lautan, Miliki Kapal Perang Berukuran Raksasa?

Penaklukan dan persekutuan kekuatan militer merupakan cara yang diterapkan untuk mengukuhkan kedaulatan, melindungi rakyat setempat, dan mendapatkan pengakuan dari kekuatan politik pesaingnya.


--

Selain itu, mereka berasumsi, Majapahit menjalin hubungan intensif dengan Kekaisaran Cina yang kala itu menjadi kekuatan politik utama di Asia, dengan pengaruh besar dalam bidang kemiliteran di wilayah nusantara.

Pada Zaman Kerajaan di Nusantara, salah satu Kerajaan yang sangat terkenal dan mnejadi pengusa yakni Kerajaan Majapahit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: