Raja Palembang Konon Keturunan Majapahit, Benarkah?

Raja Palembang Konon Keturunan Majapahit, Benarkah?

Selain Terkenal Dengan Sejarah Kerajaan Sriwijaya, Ternyata Sumatera Selatan Miliki Suku yang berasal dari keturunan China -Kolase-Berbagai Sumber

PAGARALAMPOS.COM - Ada banyak suku yang mendiami Provinsi Sumatera Selatan atau Sumsel yang beribukota di Palembang ini.

Namun dari beberapa suku-suku yang ada di Sumsel yang jumlhnya lebih dari 10an Suku ini, konon katanya ada yang merupakan keturunan Majapahit.

Bisa saja, sebab dahulu kala Majapahit adalah kerajaan besar di Nusantara Indonesia wialyahnya menyebar dari sabangs ampai maruke dan bahkan kenegara tentangga Singapur, Malaysia Thailan dan Filipina.

Hanya dicatatan sejarah, kerjaan ini tidak bisa menamklukan kerjaan Padjadjaran saja.

BACA JUGA:5 Suku Asli Sumsel, yang Konon Katanya Keturunan Majapahit, Apa Iya?

Bagaimana ceritanya, jika dilihat dari cacatan sejaran dan Mimin menyadur dari halaman Wikepedia salah satu Raja Palembang adalah keturunan Majapahit.

Siapa dia, ya,  Arya Damar (sebelumnya bernama Jaka Dilah) adalah nama seorang pemimpin legendaris yang berkuasa di Palembang pada pertengahan abad ke-15 Masehi sebagai bawahan Kerajaan Majapahit.
 
Arya Damar berasal dari Jawa Timur, Ia dikenal juga dengan nama Ario Damar atau Ario Abdilah atau Damarwulan.
 
Menurut kronik Tiongkok dari Kuil Sam Po Kong Semarang, ia memiliki nama Tionghoa yaitu Swan Liong (Naga Berlian) tanpa nama marga di depannya, karena ibunya merupakan wanita peranakan Tionghoa.

BACA JUGA:Lantak, Gunung Padang Ternyata Peninggalan Majapahit?

Berdasarkan cerita sejarah yang populer dikalangan masyarakat Indonesia, kisah Kerajaan Majapahit memiliki banyak versi.

Menurut berbagai sumber yang dihimpun mengatakan, Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang pernah berdiri pada abad ke-13 hingga abad ke-16. Namun, ada juga yang menuliskan berdiri pada abad ke-14 hingga abad ke-15. 

Tidak hanya terkenal dengan wilayah kekuasaannya, Kerajaan Majapahit turut terkenal dengan kekuatan armada militernya yang begitu tangguh dan disegani oleh bangsa lain.

Bukti bahwa Majapahit memang sebuah kerajaan yang besar, banya sumber yang menggambarkan hingga memberikan data akan wilayah kekuasaan Majapahit.

BACA JUGA:Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Candi Ini Peninggalan Majapahit!

Berdasarkan peta wilayahnya, adalah satu wilayah yang memiliki suku dari keturunan Majapahit dan masih ada hingga saat ini.

Salahsatunya adalah, suku yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Tercatat, di Sumsel ada 12 suku besar yang sudah banyak dikenal, belum lagi dengan suku-suku yang belum banyak diketahui orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: