7 Rekomendasi Menu Sehat untuk Sahur

7 Rekomendasi Menu Sehat untuk Sahur

7 Rekomendasi Menu Sehat untuk Sahur -Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Banyak orang menganggap sepiring nasi bisa membuat kenyang sepanjang hari selama puasa. Namun, ada menu sahur sehat lain yang ternyata bisa bikin kamu tidak lemas selama puasa. Memilih menu sahur yang tepat pun perlu diperhatikan oleh kamu yang memiliki banyak kegiatan sepanjang hari.

Kamu tentunya perlu memadukan asupan nutrisi dan air yang cukup saat sahur. Pasalnya, kamu perlu menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam, sejak matahari terbit hingga terbenam. Jika menu sahur hanya dipenuhi karbohidrat saja, besar kemungkinan kadar gula darah melonjak, menimbulkan rasa lemas, dan mudah lapar.

Menu sahur sehat dan ideal untuk berpuasa

Sahur tidak hanya mengurangi perasaan lapar dan haus saja selama berpuasa. Mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur juga bisa mencegah sakit kepala, mual, tubuh gemetar, dan berbagai gejala gula darah rendah lainnya. Yuk, cari menu sahur yang cocok untuk jaga daya tahan tubuh selama puasa.

BACA JUGA:6 Tips Aman Puasa Bagi Penderita Stroke

1. Lemak sehat

Sah-sah saja mengonsumsi lemak saat sahur, seperti alpukat, minyak zaitun, atau lemak dari kacang-kacangan. Tambahkan juga biji-bijian kaya nutrisi, misalnya chia seeds yang bisa diolah menjadi chia pudding dengan merendamnya dalam susu semalaman, kemudian diletakkan di lemari pendingin

Asupan lemak ini pun akan disimpan dalam tubuh sebagai cadangan makanan. Saat butuh nutrisi di siang hari, tubuh akan mengambilnya dari simpanan lemak tubuh.

2. Kurma

Sama seperti yang dilakukan Rasulullah SAW, kurma adalah buah dengan berjuta manfaat yang mencukupi kebutuhan nutrisi saat sahur. Kurma bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan oatmeal. Selain saat sahur, kurma juga bisa jadi pilihan buah untuk berbuka puasa yang baik.

Tak hanya dalam bentuk buah, mengonsumsi air nabeez juga bisa dilakukan saat sahur. Caranya adalah merendam 3-5 buah kurma dalam air sejak malam sebelum tidur dan mengonsumsi airnya saat sahur.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Kolam Renang Terbaik di Pagar Alam

3. Protein hewani

Pastikan makanan yang dikonsumsi saat sahur mengandung protein sehingga bisa dicerna secara perlahan. Rasa kenyang pun akan bertahan lebih lama dan tidak mudah merasa lapar. Tak kalah penting, protein juga membuat kadar gula darah stabil selama berpuasa sekitar 12 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: