Rakernas 2023: Menkes Budi Tekankan Pemerataan Kesehatan di Seluruh Wilayah Indonesia

Rakernas 2023: Menkes Budi Tekankan Pemerataan Kesehatan di Seluruh Wilayah Indonesia

Rakernas 2023: Menkes Budi Tekankan Pemerataan Kesehatan di Seluruh Wilayah Indonesia-Foto: Ist-

Pelaksanaan transformasi kesehatan merupakan tanggung jawab negara kepada masyarakat, karenanya titik fokusnya ada pada masyarakat.

BACA JUGA:Beres Kasus KDRT, Lesti Kejora Mulai Bikin Konser

Menkes menambahkan, dalam upaya percepatan pelaksanaan transformasi kesehatan, semua pihak harus menjadi bagian dari proses untuk mewujudkan layanan kesehatan yang lebih baik. Sebab, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, dibutuhkan dukungan dan bantuan dari seluruh komponen bangsa.

''Mewujudkan Indonesia sehat bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab seluruh komponen bangsa seperti lembaga negara, perusahaan swasta dan organisasi masyarakat,'' ungkap Menkes Budi.

Menyediakan pelayanan kesehatan merupakan kewajiban negara. Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene menjelaskan kewajiban negara tersebut bertujuan agar setiap warga negara memperoleh derajat kesehatan yang optimal.

''Dalam hal ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebagai penyelenggara negara berkewajiban menjalankan amanat konstitusi tersebut,'' ucapnya.

BACA JUGA:KTNA Lubuk Batang Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Dikatakan Felly, rapat kerja kesehatan nasional hari ini antara Kementerian Kesehatan yang mewakili pemerintah pusat dan seluruh kepala dinas kesehatan menjadi momentum harmonisasi menyamakan langkah dalam pembangunan kesehatan.

''Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Kesehatan dan seluruh kepala daerah, kepala dinas provinsi dan kabupaten/kota, atas kerja keras dalam berbagai upaya pengendalian pandemi sejak Maret 2020 sampai sekarang,'' tutur Felly.

Sebanyak 800 peserta terdiri dari para Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota, direktur rumah sakit pengampuan serta lab kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia berpartisipasi secara luring dan daring dalam Rakerkesnas 2023 yang diselenggarakan selama dua hari pada 23-24 Februari.

Rakerkesnas 2023 mengusung tema Harmoni Transformasi Pusat dan Daerah untuk mengoptimalkan dan mempercepat hasil kerja pembangunan kesehatan. Sinergi sistem kesehatan nasional agar lebih kuat, siaga, antisipatif, responsif, dan tangguh dalam menghadapi ancaman kesehatan.(*)

 

Berita ini telah tayang dilaman kemkes.go.id dengan judul: Menkes Budi Tekankan Pemerataan Akses Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: