Menjaga Tradisi: 10 Warisan Budaya Seni Bela Diri Indonesia yang Terus Dilestarikan

Menjaga Tradisi: 10 Warisan Budaya Seni Bela Diri Indonesia yang Terus Dilestarikan

Mengenal 10 Warisan Budaya Seni Bela Diri Khas Indonesia yang Masih Lestari-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Seni bela diri adalah teknik yang digunakan seseorang untuk mempertahankan diri dari berbagai jenis ancaman.

Setiap negara dan daerah memiliki seni bela diri yang berbeda dengan ciri khasnya masing-masing.

Melihat artefak sejarah yang masih ada, seni bela diri telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu.

Di Indonesia, terdapat banyak perguruan seni bela diri yang tidak kalah dengan perguruan luar negeri.

Karate, kung fu, taekwondo, dan muay thai adalah beberapa nama seni bela diri yang sudah sering dikenal, bahkan sering ditampilkan dalam film dan kejuaraan.

Namun, Indonesia juga memiliki seni bela diri tradisional yang tak kalah hebat dari seni bela diri luar negeri. Berikut adalah beberapa seni bela diri asli Indonesia yang menarik:

1. Pencak Silat

Pencak silat adalah olahraga bela diri yang mengandalkan kemampuan bertahan dan menyerang. Namun, kemampuan ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada sejumlah teknik dasar pencak silat yang perlu diperhatikan.

Pencak Silat adalah seni bela diri asli Indonesia yang berasal dari budaya suku Melayu pesisir Sumatera dan Semenanjung Malaka.

Seni bela diri ini dikenal luas di mancanegara dan telah menjadi cabang olahraga resmi di pertandingan Ocean Diversions.

Bahkan, beberapa federasi pencak silat nasional Eropa telah mendukung popularitasnya di luar Indonesia.

2. Tarung Derajat

Tarung Derajat adalah seni bela diri full body contact yang praktis dan efektif berasal dari Indonesia.

Diciptakan oleh Achmad Dradjat, Tarung Derajat memiliki semboyan "Aku ramah bukan berarti takut, aku tunduk bukan berarti takluk."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: