Menkes Bersama Menkeu Resmikan Gedung Baru RSCM Berstandar Internasional Kanigara

Menkes Bersama Menkeu Resmikan Gedung Baru RSCM Berstandar Internasional Kanigara

Menkes Bersama Menkeu Resmikan Gedung Baru RSCM Berstandar Internasional Kanigara-Foto : Fitratun Komariah/RRI-

PAGARALAMPOS.COM - Gedung Baru RSCM berstandar Internasional Kanigara atau Central Medical Unit (CMU) 3 telah diresmikan oleh Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di, Jakarta, Jumat (3/3).

Gedung baru ini dibangun atas kolaborasi dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, Kementerian PUPR serta Kementerian BUMN untuk menyediakan pelayanan kesehatan yang paripurna kepada masyarakat.

''Saya ucapkan terima kasih dan selamat kepada tim RSCM dana semua pihak seperti Kemenkeu dan Kemen PUPR yang telah merealisasikan pembangunan ini dengan baik,'' kata Menkes.

Menkes menjelaskan gedung baru yang selesai dibangun dalam kurun waktu 4 bulan ini, merupakan pusat pengembangan untuk layanan unggulan dan prioritas seperti Layanan Transplantation Center, Layanan Advanced Diabetes Center terdiri dari Layanan Pusat Pengampu (Diabetes Mellitus, Uronefro, dan Gastro Hepato), Layanan Bedah, dan Layanan Intensive Care Unit (ICU) yang terpusat.

BACA JUGA:Sekjen Kemendagri Suharja Diantoro Tegaskan Penerapan SPM untuk Kesejahteraan Rakyat

Pelayanan yang terpusat, kata Menkes, dapat memudahkan koordinasi antar dokter, sehingga pelayanan kesehatan jadi lebih efektif dan efisien.

''Saya tadi berkeliling melihat gedung ini sudah beroperasi, ICU sudah dipakai, ruang operasi juga sudah dipakai, rencananya akan punya 36 ruang operasi, 18 sudah selesai dibangun, dan bisa dipakai untuk BPJS Kesehatan dan (ruangannya) bagus, terang,'' ujar Menkes.

Dengan telah beroperasinya gedung baru ini, Menkes pun berpesan kepada jajaran RSCM untuk terus berinovasi guna mengembangkan pelayanan kesehatan yang terintegrasi kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

''Saya titip 3 hal, layanannya harus baik, harus menciptakan kebaruan dengan terus berinovasi, dan pengampuannya harus jalan, utamanya kepada RSUD-RSUD di Indonesia,'' kata Menkes.

BACA JUGA:Takziah ke Rumah Duka Mantan Ketua Umum PSSI Azwar Anas, Menpora Amali Ucapkan Duka Mendalam

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut pembangunan gedung yang terdiri dari 12 lantai ini, mendapatkan dukungan anggaran APBN 2022 sebesar 348,7 miliar. Dana tersebut merupakan bagian dari anggaran PEN bidang kesehatan guna membantu pengembangan fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

''Saya berterima kasih juga, karena BLU RSCM dalam hal ini juga ikut dalam merelokasi penerimanya untuk bisa mengupgrade RSCM dan dikinhandari sehingga mereplikasi pengelolaannya untuk bisa mengupgrade pembangunannya,'' kata Menkeu.

Selanjutnya, Menkeu berharap dengan dukungan pembangunan gedung baru tersebut dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang ada di RSCM sekaligus dapat mengantarkan RSCM menjadi World Class Hospital.

''Ini adalah tekad pembangunan yang luar biasa, semoga niat Kemenkes untuk membangun sistem kesehatan Indonesia dan rumah sakit yang diandalkan dan dibanggakan bisa tercipta, kami dari kemenkeu akan terus mendukung, karena negara tidak akan maju tanpa SDM yang sehat dan cerdas,'' pesan Menkeu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: