Kamu Punya Kulit Belang? ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kamu Punya Kulit Belang? ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

6 Penyebab Kulit Belang dan Cara Mengatasinya -Foto: Ist-

PAGARALAMPOS.COM - Pigmentasi mengacu pada warna kulit. Gangguan pigmentasi kulit menyebabkan perubahan atau belang pada warna kulit kita. Lalu bagaimana cara menghilangkan belang di wajah dan leher secara alami?

Kondisi kulit yang kerap dirasakan setiap orang adalah belang, termasuk juga pada wajah.

Hal ini dicirikan dengan timbul bercak pada kulit atau seluruh tubuh.Bintik-bintik hitam, melasma, bekas luka adalah jenis belang yang umum terjadi pada kulit.

Sebagai organ terluar tubuh, kulit rentan mengalami berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah kulit belang.

BACA JUGA:Bumil Wajib Cek Kandungan Melalui USG, Deteksi Kelainan Janin Lebih Dini

Apa Saja Penyebab Kulit Belang?

Kulit belang umumnya ditandai dengan perbedaan warna yang mencolok antara satu bagian kulit dengan bagian lainnya. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

1. Melasma

Melasma biasanya terlihat menyerupai bintik kebiruan atau abu-abu di wajah dan terkadang berwarna kecokelatan. Masalah kulit ini biasa dialami oleh wanita usia 20 tahun hingga paruh baya.

Wanita hamil juga sering mengalami perbedaan warna kulit akibat melasma. Melasma dapat dipengaruhi oleh perubahan hormon dalam tubuh wanita dan paparan UV sinar matahari.
BACA JUGA:Hati-hati! 5 Diet Ekstrim yang Berbahaya Bagi Kesehatan

2. Solar lentiginosis

Kondisi yang biasa disebut sebagai bintik matahari ini adalah perubahan warna kulit di daerah yang sering bersentuhan langsung dengan sinar matahari dalam waktu lama.

Kondisi kulit belang yang satu ini umumnya terjadi di daerah punggung tangan, wajah, bahu, punggung atas, dan punggung kaki.

Bentuknya berupa bintik kecil kecokelatan atau hitam dengan ukuran bervariasi, mulai dari seukuran ujung pensil hingga sebesar koin. Kulit belang akibat kondisi ini sering terjadi pada orang yang telah berusia di atas 50 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: