Waspada 5 Bahaya Konsumsi Minuman Manis Terhadap Kesehatan

Waspada 5 Bahaya Konsumsi Minuman Manis Terhadap Kesehatan

Waspada 5 Bahaya Konsumsi Minuman Manis Terhadap Kesehatan-Foto: Ist-

BACA JUGA:Tips Menangani Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya

Konsumsi makanan atau minuman tinggi gula dapat menyebabkan kerusakan gigi. Untuk menghindarinya, minuman manis hanya disarankan untuk dikonsumsi saat jam makan.

Hal ini juga berlaku untuk jus buah karena kandungan gula dan asam di dalamnya dapat merusak gigi. Oleh karena itu, jus buah sebaiknya hanya dikonsumsi saat jam makan utama dan jumlahnya juga perlu dibatasi. Jumlah konsumsi jus buah murni yang disarankan adalah 150 ml per hari.

5. Jenis kanker tertentu

Sebuah penelitian menyatakan bahwa konsumsi minuman manis secara berlebihan dapat meningkatkan risiko munculnya kanker secara umum, kecuali kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker usus besar. Jenis kanker yang berhubungan erat dengan konsumsi minuman manis adalah kanker payudara.

BACA JUGA:Amankah Ibu dengan Diabetes Menyusui Bayi? Yuk Simak Penjelasnnya

Konsumsi jus buah murni secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker. Oleh karena itu, konsumsi buah utuh jauh lebih disarankan daripada konsumsi jus buah yang hanya sarinya saja.

Untuk menghindari bahaya minuman manis, Anda perlu membatasi konsumsinya. Sebagai pengganti minuman manis, Anda dapat memilih air putih atau air berkarbonasi yang tidak mengandung pemanis.

Anda juga bisa mengonsumsi minuman soda rendah kalori yang kandungan gulanya lebih sedikit.

Melihat bahaya minuman manis yang telah disebutkan di atas, sudah sewajarnya bila Anda membatasi konsumsinya mulai dari sekarang. Anda juga bisa memeriksakan diri ke dokter untuk memantau kadar gula darah dan mengetahui risiko munculnya penyakit lain akibat konsumsi gula yang berlebihan. (*)
BACA JUGA:Kenali Penyebab Sariawan dan Cara Menyembuhkannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: