Amankah Ibu dengan Diabetes Menyusui Bayi? Yuk Simak Penjelasnnya

Amankah Ibu dengan Diabetes Menyusui Bayi? Yuk Simak Penjelasnnya

Ilustrasi : Menyusui untuk ibu diabetes -(Foto: Shutterstock)-

PAGARALAMPOS.COM - Menyusui adalah langkah awal terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Para pakar kesehatan telah sepakat bahwa ASI adalah cairan dengan kandungan zat gizi paling lengkap untuk bayi. 

Namun bagaimana bila ibu dengan diabetes ingin menyusui?

Setiap ibu dianjurkan untuk memberikan ASI secara eksklusif selama enam bulan dan kemudian dilanjutkan hingga dua tahun. 

Meski demikian, ada beberapa kondisi yang membuat ibu enggan untuk menyusui. Salah satunya adalah bila ibu mengalami diabetes.

BACA JUGA:Kenali Penyebab Sariawan dan Cara Menyembuhkannya.

Lantas amankah Ibu Diabetes Menyusui Bayinya?

Berikut fakta tentang Keamanan Ibu Diabetes Menyusui Bayi

Ibu dengan diabetes tetap boleh menyusui bayinya, kok. Pasalnya, penyakit ini tidak akan mengubah nutrisi yang terkandung di dalam ASI, sehingga ASI masih aman diberikan pada bayi.

Diabetes merupakan penyakit yang bersifat genetik, yaitu penyakit yang diwariskan dari orang tua pada anak. Namun, ini bukan berarti diabetes bisa ditularkan melalui ASI, ya, Bun.

BACA JUGA:Yuk Simak Penjelasan Metode diet puasa atau intermittent fasting.

Perlu Bunda ketahui bahwa ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena diabetes, mulai dari pola hidup yang tidak sehat, kelebihan berat badan, pertambahan usia, hingga adanya penyakit tertentu, misalnya tekanan darah tinggi.

Memberikan ASI eksklusif justru akan mencegah Si Kecil terkena diabetes di kemudian hari. Selain itu, Si Kecil juga akan terhindar terserang penyakit lainnya, seperti infeksi saluran pernapasan dan telinga, infeksi urine, eksim, serta asma.

Selain untuk Si Kecil, memberikan ASI eksklusif juga bisa berdampak baik bagi kesehatan Bunda, lho. Jika Bunda mengalami diabetes tipe 1 atau tipe 2, memberikan ASI pada Si Kecil dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah terjadinya komplikasi diabetes.

Jika mengalami diabetes gestasional, Bunda akan lebih rentan terkena diabetes tipe 2 setelah melahirkan. Nah, menyusui dapat membuat tubuh memanfaatkan insulin lebih efektif, sehingga kadar gula darah dapat kembali normal lebih cepat dan risiko terjadinya diabetes tipe 2 pun menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: