10 Tempat Wisata di Sumatera Selatan yang Wajib Dikunjungi

10  Tempat Wisata di Sumatera Selatan yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Sumatera Selatan yang Wajib Dikunjungi--

PAGARALAM,PAGARALAMPOS.COM – Provinsi Sumatera Selatan adalah suatu wilayah yang kaya dengan obyek wisata yang menawan.

Kota Palembang adalah ibu kota dari provinsi ini, secara greografis provinsi ini berbatasan dengan provinsi lain yakni Jambi di sebelah utara, Lampung di sebelah selatan, Bangka Belitung di sebelah timur dan Bengkulu di sebelah barat.

Kota Palembang telah populer sejak dulu, kota tersebut menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya. Selain itu, wilayah ini kaya akan sumber daya alamnya seperti gas alam, batu bara, minyak bumi dan masih banyak lainnya. Letak Provinsi Sumatera Selatan berada di bagian selatan Pulau Sumatera dan mempunyai beberapa tempat wisata favorit serta termasuk kedalam wisata unggulan di Indonesia.

Jika Anda sedang berkunjung ke Provinsi Sumatera Selatan, inilah 10 tempat wisata unggulan yang sudah kami rangkum di bawah ini yang bisa menjadi referesi untuk menikmati liburan Anda.

BACA JUGA:15 Rekomendasi Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi!

10 Tempat wisata unggulan di Sumatera Selatan antara lain : Pulau Kemaro, Jembatan Ampera, Air Terjun Bidadari, Air Terjun Curup Maung, Air Terjun Lematang Indah, Arung Jeram Sungai Manna, Kawah Tengkurep, Taman Kambang Iwak, Danau Ranau, dan Kebun Binatang Sriwijaya. Berikut ini penjelasannya.

1. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro adalah sebuah delta kecil di Sungai Musi yang berjarak sekitar 6-7 km dari Jembatan Ampera. Keistimewaan pulau ini adalah selalu kering walau dalam keadaan air pasang dan tetap tidak memiliki air. Sehingga pulau yang ramai dikunjungi wisatawan ini nampak seperti terapung di atas Sungai Musi. Ikon Pulau Kemaro ialah terdapar Pagoda berlantai 9 yang tinggi menjulang di tengahnya.

Pagoda tersebut dibangun pada tahun 2006, selain itu terdapat bangunan klenteng bernama Hok Tjiang Rio / Kuan Im  yang dibangun sejak tahun 1962. Di depan klenteng tersebut terdapat makam Pangeran Tan Bun An dan Putri Fatimah yang berdampingan. Kisah romantis kedua insan inilah yang menjadi legenda terbentuknya Pulau Kemaro.

BACA JUGA:Mengenalkan Wisata dan Keramahan Warga Lewat East Java Journey 2023

2. Jembatan Ampera

Pada mulanya, Jembatan Ampera ini bernama Jembatan Bung Karno, pemberian nama Bung Karno merupakan bentuk penghargaan. Kemudian pada tahun 1966 terjadi penggantian nama menjadi Jembatan Ampera di saat pergolakan politik di Indonesia.

Jembatan Ampera ini terletak di tengah pusat kota yang menghubungkan daerah seberang Ulu dan seberang IIir.

Di kawasan ini terkenal akan kuliner khas Palembang yang sangat popular dan Jembatan inilah yang menjadi semacam Ikon atau lambang kota. Pada awalnya begian tengah badan Jembatan Ampera bisa dikontrol naik turun, mengingat pada masa itu Sungai Musi merupakan jalur utama perdagangan melalui jalur laut. Seiring berkembangannya kota Palembang, naik turun jembatan kini sudah tidak fungsikan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: