Pentingnya menjaga kesehatan mental

Pentingnya menjaga kesehatan mental

menjaga kesehatan mental-tangkapan layar-Net

 

PAGARALAMPOS.CO -  Kesehatan mental mencakup kesehatan emosional, psikologis, dan sosial. Kesehatan mental sangat penting pada setiap tahap kehidupan, dari kecil hingga dewasa. 

Kesehatan mental memengaruhi bagaimana seseorang berpikir, merasakan, dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari.

Seseorang yang memiliki mental sehat sangat berpengaruh  pada kondisi fisik juga kualitas hidup. Ketika seseorang merasa sejahtera secara psikologis, sosial maupun emosional, maka bisa dikatakan bahwa individu tersebut memiliki mental yang sehat.

 Mental yang sehat juga merupakan cikal bakal bagi diri kita untuk terus berkembang.

BACA JUGA:Promosikan Potensi Sumber Daya Alam dan Pariwisata Pagaralam, Dinas Pariwisata Sabet Juara III Stand Terbaik

Dari kesehatan mental tersebut juga ada beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu:

1. Keturunan. Faktor ini lebih mengarah pada kondisi individu yang berkaitan dengan asal usul keluarga, ras, dan jenis golongan darah.

2. Pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang diberikan oleh negara juga memengaruhi kesehatan pada masyarakat.

3. Perilaku. Perilaku individu merupakan faktor utama yang memengaruhi kesehatan.

4. Lingkungan. Lingkungan merupakan aspek yang berpengaruh sangat besar terhadap status kesehatan. Lingkungan yang kotor dan jarang dibersihkan akan membuat tubuh manusia menjadi mudah tertular penyakit.

BACA JUGA:Tingkatkan Mutu Penulisan Karya Ilmiah, 87 Mahasiswa ITPA Dibekali Ilmu Karya Tulis Ilmiah

Beberapa langkah sederhana bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental. Dengan melakukan perubahan ini, maka dapat dipastikan hal ini memengaruhi semua aspek kehidupan. 

Dengan menjaga kesehatan mental, maka kamu merasakan beberapa efeknya seperti suasana hati yang membaik, membangun ketahanan, dan membantu menikmati hidup secara keseluruhan.

Kemudian, Bagaimana cara kita agar dapat tetap menjaga kesehatan mental kita? Ada beberapa tips untuk mengatasinya, sebagai berikut:

BACA JUGA:Sumsel Segera Miliki Sirkuit Bertaraf Internasional

- Katakan hal positif pada diri sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa cara kamu berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kamu.

- Tuliskan hal-hal yang patut disyukuri. Rasa bersyukur dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, serta kebahagiaan.

- Fokus pada satu hal pada satu waktu. Fokus kepada tujuan mampu melepaskan emosi negatif atau sulit dari pengalaman masa lalu yang membebani. Ketika pikiran kamu terbang melayang hingga menyebabkan kamu overthinking, maka bawa saja kembali ke apa yang kini kamu tengah lakukan.

BACA JUGA:2.586 KPM Keluar Dari PKH

- Olahraga. Tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu sebelum dan sesudah berolahraga. Itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh. 

Carilah cara-cara kecil untuk menambah aktivitas olahraga, seperti naik tangga, atau jalan kaki ke tempat yang dekat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari,

 dan coba melakukannya di luar ruangan. Paparan sinar matahari juga membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang meningkatkan tingkat serotonin di otak. 

BACA JUGA:Alpian Maskoni Resmi Nahkodai IMI Provinsi Sumsel

- Makanlah makanan yang enak. Selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan, makan lezat dan sehat juga menyehatkan otak. Karbohidrat (dalam jumlah sedang) meningkatkan serotonin, bahan kimia yang terbukti memiliki efek menenangkan pada suasana hati. Sementara itu makanan kaya protein membantu kamu tetap waspada.

- Terbukalah pada seseorang. Mengetahui bahwa kamu dihargai oleh orang lain adalah penting untuk membantu kamu berpikir lebih positif. Belajar terbuka kepada orang lain, yang membuat kamu lebih mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri. 

BACA JUGA:Bahas Agenda Konfercab II dan Lakmud

- Lakukan sesuatu untuk orang lain. Bersikap membantu dan ramah adalah cara yang baik untuk membangun harga diri. Makna yang ditemukan dalam membantu orang lain memperkaya dan memperluas hidupmu.

- Istirahat. Pada saat-saat semua pekerjaan terasa seperti terlalu banyak, menjauhlah, dan lakukan apa pun kecuali hal yang membuat kamu semakin stres, setidaknya sampai kamu merasa sedikit lebih baik.

- Tidur tepat waktu. Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Coba tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari.

BACA JUGA:Kapolres Pagaralam Kunjungi Korban Pembegalan yang Dirawat Intensif

- Meditasi. Meditasi adalah aktivitas yang memusatkan perhatian dan menjernihkan pikiran. Tujuan meditasi juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Pasalnya, dengan meditasi, pikiran jadi lebih tenang dan tingkat stres pun menurun.

Penting untuk diingat bahwa kesehatan mental merupakan hal yang tidak boleh diabaikan dan harus dipelihara sebaik mungkin. Lakukan cara menjaga kesehatan mental yang telah dipaparkan di atas agar fisik, psikis, emosi, dan kehidupan sosialmu selalu dalam kondisi yang baik.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber