Hari Ini, Harga Pertamqx Naik Lagi, Begini Alasan Pertamina

Hari Ini, Harga Pertamqx Naik Lagi, Begini Alasan Pertamina

Foto : Kenaikan harga Pertamax-Screenshoot-Instagram

PAGARALAMPOS.COM - Terhitung hari ini, 10 Agustus 2024, harga BBM jenis Pertamax kembali naik. Kenaikan harga ini diumumkan PT Pertamina Patra Niaga.

Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari  menjelaskan, harga Pertamax naik karena Pertamina Patra Niaga mengacu pada tren harga rata-rata publikasi minyak dunia atau Indonesian Crude Oil Price (ICP) dan nilai tukar Rupiah terhadap dollar AS.

Namun, ia menyebut harga Pertamax masih paling kompetitif untuk BBM RON 92 di Indonesia.

Sebagai informasi, Shell Super dari Shell yang merupakan BBM RON 92 dibanderol dengan harga Rp 14.520 untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

BACA JUGA:Apa Saja Lowongan yang Dibuka Pertamina di Tahun 2024? Simak Disini Peluang dan Cara Daftarnya!

Sementara harga BBM RON 92 lainnya, seperti BP 92, mencapai Rp 13.850 untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta Jawa Timur.

Heppy menerangkan, ketika Pertamina Patra Niaga melakukan penyesuaian harga BBM non-subsidi, pihaknya selalu mempertimbangkan stabilitas ekonomi.

Karena alasan itulah harga BBM non-subsidi tidak mengalami perubahan sejak Maret meskipun tren ICP mengalami kenaikan sejak akhir trimester pertama 2024.

“Harga yang ditetapkan pun juga yang paling terjangkau karena daya beli masyarakat juga menjadi pertimbangan utama,” jelas Heppy.

BACA JUGA:Penindakan Tegas Pertamina, 20 Pangkalan dan Pengecer Elpiji 3 Kg di Grobogan Kena Sanksi, Ini Penyebabnya!

Ia menambahkan, penetapan harga BBM sudah sesuai dengan regulasi Keputusan Menteri ESDM Nomor  245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Keputusan Menteri Nomor 62/K/12/MEM/2020 tentang Formulasi Harga Jenis Bahan Bakar Umum (JBU) atau BBM non-subsidi dan Keputusan Menteri ESDM Nomor 62/K/12/MEM/2020 tentang Formulasi Harga JBU.

Masyarakat dapat melihat harga terbaru BBM Pertamina secara lengkap melalui laman https://mypertamina.id/fuels-harga.

“Kami pastikan harga ini tetap paling kompetitif untuk produk-produk dengan kualitas setara,” kata Heppy.

Harga terbaru Pertamax mulai 10 Agustus 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: