Taukah Kamu? Inilah 3 Penyakit Menular Seksual yang Rentan Dialami Wanita!

Taukah Kamu?  Inilah 3 Penyakit Menular Seksual yang Rentan Dialami Wanita!

Taukah Kamu? Inilah 3 Penyakit Menular Seksual yang Rentan Dialami Wanita! -Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM - Penyakit menular seksual (PMS) atau infeksi menular seksual adalah kondisi infeksi yang dapat menyebar melalui kontak seksual.

Gejala umumnya meliputi ruam atau lepuh, keputihan, serta nyeri pada area kelamin. Jenis PMS yang umum meliputi chlamydia, gonore, sifilis, herpes, HPV, dan HIV.

PMS menular melalui hubungan seksual, baik vaginal, anal, atau oral. Selain itu, penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah atau berbagi jarum suntik dengan individu yang terinfeksi.

Setiap wanita harus tahu jika dirinya berisiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit menular seksual dibandingkan pria.

Gangguan ini lebih sering menyerang pasangan yang aktif secara seksual saat melakukan hubungan intim yang tidak aman, seperti sering berganti-ganti pasangan atau tidak menggunakan kondom.

BACA JUGA:Mengenal Detoks dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Kamu Wajib Tau! Inilah Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Sedang Travelling

Seseorang yang mengalami penyakit menular seksual dapat merasakan bagian intimnya terasa gatal dan terbakar serta perasaan nyeri saat buang air kecil atau berhubungan intim. 

Ada banyak jenis gangguan yang dapat terjadi, seperti chlamydia, gonore, sifilis, hingga HIV. Namun, manakah jenis penyakit menular seksual yang lebih sering terjadi pada wanita? Berikut ulasannya!

Penyakit Menular Seksual yang Sering Terjadi pada Wanita

Wanita lebih rentan untuk mengalami PMS secara biologis dibandingkan pria. Gangguan ini kerap terjadi saat melakukan hubungan seksual karena permukaan vagina lebih besar dan lebih rentan terhadap sekresi seksual dibandingkan penis yang memang tertutup kulit. 

BACA JUGA:5 Tips Sederhana Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan

BACA JUGA:Jangan Tunggu Sakit! Begini Tips Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh di Saat Musim Hujan

Selain itu, potensi untuk infeksi tersebut disimpan di dalam vagina selama hubungan seksual lebih besar dibandingkan sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: