Kabar Gembira! Harta Karun Langka di Temukan di Indonesia, Bikin Geger Eropa

Kabar Gembira! Harta Karun Langka di Temukan di Indonesia, Bikin Geger Eropa

Kabar Gembira! Harta Karun Langka di Temukan di Indonesia, Bikin Geger Eropa-net-

PAGARALAMPOS.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah telah menemukan “harta langka” yakni litium.

Tanpa adanya langkah mitigasi, Luhut mengatakan penemuan litium cukup signifikan. "Kemarin saya baru mendapat laporan bahwa ditemukan sumber lithium yang sangat besar  di Indonesia. Tapi saya juga bingung  kita punya semua ini, tugas pemerintahan selanjutnya banyak sekali," kata Luhut kepada Kemenko Perekonomian 2023.

program kerja kelautan dan perikanan serta capaian dan hasil evaluasinya, Jumat (22 Desember 2023). Sayangnya, Luhut belum bisa membeberkan lokasi penemuan besar lithium tersebut.

Yang jelas dulu Indonesia  membutuhkan litium sebagai bahan baku pembuatan baterai listrik (kendaraan listrik/kendaraan listrik). Sebelumnya, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkap penemuan sumber daya litium di kawasan Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah.

BACA JUGA:Jelajahi petualangan seru di Situbondo melalui 11 destinasi wisata alam dan bangunan bersejarah

BACA JUGA:Penemuan Mencengangkan, Fakta Artefak Bersejarah dan Kerangka Manusia dari Kapal Perang Kuno

Negara-negara Eropa saat ini  dihebohkan dengan ditemukannya logam  tanah jarang di wilayahnya. Secara khusus, dilaporkan bahwa lebih dari satu juta ton logam tanah jarang telah ditemukan di ujung utara Swedia.

Berita ini menjadi sangat menarik karena logam tanah jarang belum pernah ditambang di Eropa sebelumnya. Menurut BBC,  sekitar 98%  logam tanah jarang yang digunakan di UE pada tahun 2021 diimpor dari Tiongkok.

Logam tanah jarang merupakan mineral  yang bersifat magnetis dan konduktif, banyak digunakan pada perangkat elektronik seperti telepon seluler, tablet, speaker, dll.

Selain itu, logam tanah jarang juga digunakan dalam bidang lain, mulai dari perawatan kesehatan, otomotif, penerbangan hingga industri pertahanan.

BACA JUGA:Profil Provinsi Sumatera Selatan, Melacak Jejak Sejarah dan Pesona Alamnya

BACA JUGA:Eksplorasi Wisata Situbondo, 11 Tempat Wisata Alam dan Sejarah yang Memukau

Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral, Batu Bara, dan panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM, Moehammad Awaluddin mengungkapkan terdapat temuan potensi lithium yang besar di Wilayah Bledug Kuwu, Jawa Tengah. Saat ini tengah memfokuskan kajian temuan sumber lithium baru di wilayah tersebut.

"Menurut kita yang lebih menarik itu justru di Bledug Kuwu itu di Grobogan, Jawa tengah. Makanya kita fokus di sana," ujar Awaluddin saat ditemui di sela acara Badan Geologi di Hotel Jayakarta, Jakarta Barat, Kamis (7/12/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: