Menjelajahi Jejak Sejarah Kerajaan di Tengah Kehidupan 5 Suku Sulawesi Utara

Menjelajahi Jejak Sejarah Kerajaan di Tengah Kehidupan 5 Suku Sulawesi Utara

Menjelajahi Jejak Sejarah Kerajaan di Tengah Kehidupan 5 Suku Sulawesi Utara-Foto: net-

PAGARALAMPOS.COM – Merentangkan cakrawala sejarah yang kaya, Sulawesi Utara menawarkan lebih dari sekadar keindahan alamnya yang memukau.  Di balik lanskap yang menakjubkan, terdapat jejak-jejak berharga dari kerajaan yang pernah berdiri di tengah kehidupan masyarakatnya. 

Dari kehidupan lima suku yang mendiami daerah ini, terbentang warisan budaya dan sejarah yang memikat, menciptakan kisah-kisah yang memperkaya panorama budaya Indonesia. Mari kita telusuri lebih dalam perjalanan sejarah dan jejak kerajaan yang melingkupi kehidupan lima suku Sulawesi Utara.

Banyaknya Ragam Suku Di Indonesia, salah satunya juga Sulawesi Utara yang memiliki 5 Suku Asli. Diketahui Daerah Minahasa yang termasuk salah satu tempat migrasi pertama orang-orang Austronesia ke arah selatan pada akhir milenium ketiga dan kedua SM.

Hipotesis yang diterima secara umum adalah bahwa orang-orang Austronesia awalnya menghuni Taiwan. Sebelum bermigrasi dan menempati daerah-daerah di Filipina utara, Filipina selatan, Kalimantan, dan Sulawesi.

BACA JUGA:Ilmuwan Paling Berpengaruh di Dunia Setelah Nabi Muhammad, Begini Sejarah dan Karya Ishaac Newton

BACA JUGA:Membongkar Konstruksi Sejarah Besemah, Punya Hubungan dengan Fakta dan Mitos Atung Bungsu

Menurut informasi, Sebelum berpisah menjadi kelompok-kelompok dengan satu menuju barat ke Jawa, Sumatra, dan Malaysia, sementara yang lain bergerak ke timur menuju Oseania. Keberagaman di Sulawesi Utara khususnya suku yang ada, tentu bukan jadi penghalang tingginya tingkat toleransi didaerah ini.

Sulawesi Utara terdapat sejumlah suku yang mendiami daerah ini sejak masa lampau. Kawin-mawin campuran suku pun tak bisa terelakan karena kehidupan bermasyarakat.

Di Sulawesi Utara, terdapat tiga pembagian wilayah.  Bolaang Mongondow Raya, Minahasa Raya dan Nusa Utara. Dari tiga wilayah ini terdapat dan berdiam sejumlah suku yang diakui di Sulawesi Utara.

Berikut 5 suku di Sulawesi Utara dirangkum berbagai sumber:

BACA JUGA:Menjelajah Sejarah Perkembangan Emas di Sumatera Sejak Zaman Belanda

BACA JUGA:Mengulik 7 Fakta Menarik Tentang Wayang Kulit yang Menyimpan Kisah Bersejarah di Dalamnya

1. Suku Minahasa

Suku Minahasa atau Orang Minahasa adalah suku terbesar di Sulawesi Utara, dan sering juga disebut orang Manado.  Mereka sendiri suka pula menyebut diri sebagai orang Kawanua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: