Inggris Akuisisi Kapal Selam Nuklir Virginia Class, Ternyata Pesanan Australia

Inggris Akuisisi Kapal Selam Nuklir Virginia Class, Ternyata Pesanan  Australia

PAGARALAMPOW.COM - Menyongsong era kapal selam bertenaga nuklir, Australia telah mencanangkan beberapa persiapan, selain pemilihan basis pangkalan, tak kalah penting adalah menggenjot program pengadaan kapal selam transisi, mengingat kapal selam rancangan Australia-Inggris AUKUS class baru akan diluncurkan pada awal tahun 2040.

Dan guna mengisi masa transisi operasional kapal selam nuklir, maka pemerintah Australia berdasarkan pakta pertahanan AUKUS memutuskan untuk membeli tiga unit kapal selam nuklir Virginia class Block IV dan VII.

Namun, ada kabar dari internal Angkatan Laut AS, bahwa ada kemungkinan program akuisisi kapal selam Virginia claas untuk Australia akan mengalami penundaan.

Seperti dikutip Financial Review (4/4/2024), disebut bahwa penyelidkan dari internal Angkatan Laut AS menyebut penundaan tersebut bisa mencapai tiga tahun.

BwACA JUGA:Cina Kembangkan Rudal Hanud, Jangkauan 2.000 Km, Targetkan Pembom Strategis dan AWACS

Penilaian tersebut menemukan realita bahwa kapal selam Virginia class yang saat ini sedang dibangun berjalan dua hingga tiga tahun terlambat dari jadwal.

Yang semakin meningkatkan keraguan mengenai kapasitas Washington untuk mengirimkan tiga kapal selam bekas pakai ke Australia pada tahun 2032.

Sekretaris Angkatan Laut AS, Carlos Del Toro, menugaskan peninjauan tersebut pada bulan Januari 2024 untuk menilai tantangan pembuatan kapal selam yang dihadapi Amerika Serikat menyusul kekhawatiran para pembuat kapal yang terlambat dari jadwal dan gagal memenuhi permintaan lokal.

Kongres AS sebelumnya tela menyetujui penjualan kapal selam Blok IV bekas ke Australia antara tahun 2032 dan 2035, dan penjualan kapal selam Blok VII baru pada tahun 2038. Namun, pengaturan tersebut akan bergantung pada pemenuhan target AS untuk kebutuhannya sendiri.

BACA JUGA:Demi Ukraina, Perancis Rela Dongkrak Enam Kali Lipat Produksi CAESAR 6×6

Wakil Menteri Luar Negeri Kurt Campbell mengakui pada hari Rabu, bahwa AS menghadapi tantangan rantai pasokan bagi pembangunan unit kapal selam nuklir.

Salah satu hal penting dari pakta AUKUS adalah mengingatkan kita bahwa perlu berberbuat lebih banyak.


Foto : Kapal selam.-Inggris Akuisisi Kapal Selam Nuklir Virginia Class, Ternyata Pesanan Australia-Indomiliter.com

"Untuk membangun lebih banyak kapal selam secara umum, tetapi juga untuk membuat kapal selam yang berada di dok kering dan membutuhkan perbaikan dapat kembali ke air (beroperasi) lebih cepat,” kata Campbell yang l mengatakan kepada audiensi di lembaga think tank Center for New American Security yang berbasis di Washington.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: