Cina Kembangkan Rudal Hanud, Jangkauan 2.000 Km, Targetkan Pembom Strategis dan AWACS

Cina Kembangkan Rudal Hanud, Jangkauan 2.000 Km, Targetkan Pembom Strategis dan AWACS

PAGARALAMPOS.COM - Northwestern Polytechnical University (NPU) yang berlokasi Xi’an, Provinsi Shaanxi, telah dikenal sebagai salah satu universitas teknik terkemuka di Cina, terutama dalam bidang kedirgantaraan, teknik mesin, dan teknik material.

Setelah sebelumnya meluncurkan drone “Loyal Wingman” LJ-1 dari pembom strategis Xian H-6K, kini para peneliti dari NPU kembali membuat gebrakan.

Yakni dengan mengembangkan rudal antipesawat atau rudal hanud (pertahanan udara) dengan jangkuan yang tidak lazim, yakni 2.000 km.

Dikutip South China Morning Post, pada tanggal 28 Maret 2024, NPU mengumumkan pengembangan rudal antipesawat berpemandu yang mampu mengenai sasaran udara yang jaraknya lebih dari dua ribu kilometer.

BACA JUGA:ALKA DEWS, Sistem Hanud Berbasis Laser Dan Elektromagnetik Yang Jatuhkan Drone Wing Loong II Di Libya

Rudal yang belum mendapat label nama tersebut, disebut punya panjang 8 meter dan berat 2,5 ton, dan dapat diluncurkan dari platform mobile.

Rudal rancangan NPU digadang untuk menargetkan sasaran strategis, seperti pesawat intai peringatan dini (airborne early warning and control) dan pembom jarak jauh.

Yang bisa dipersepsikan, bahwa rudal ini diciptakan untuk menargetkan aset kekuatan udara Amerika Serikat.

Pengembangan rudal ini tak pelak menandai kemajuan signifikan melebihi kemampuan dan spesifikasi dari rudak hanud jarak jauh yang ada di pasaran, yang umumnya memiliki jangkauan hanya beberapa ratus kilometer.

BACA JUGA:Sistem Hanud Turki Diperkuat Rudal Jarak Jauh, Begini Kemampuan Hulu Ledaknya

Sebagai perbandingan, sistem rudal pertahanan udara S-400 Triumf buatan Rusia yang juga dimiliki Cina, memiliki kemampuan jangkauan maksimum sekitar 400 kilometer (rudal 40N6).


Foto : Ruda Hanud Cina.-Cina Kembangkan Rudal Hanud, Jangkauan 2.000 Km, Targetkan Pembom Strategis dan AWACS-Indomiliter.com

Namun, jangkauan efektifnya tergantung pada berbagai faktor, termasuk kondisi cuaca, topografi, dan jenis target yang dihadapi. Dalam kondisi ideal, S-400 dapat menjangkau target hingga sekitar 600 kilometer.

Rudal 40N6 memiliki kemampuan menghancurkan target yang bergerak dengan kecepatan hingga 4.800 meter per detik dan dapat mencapai ketinggian hingga 185 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: