Zil Falcatus 4×4 – Rantis Lapis Baja Futuristik, Unit Anti Teror FSB Rusia

Zil Falcatus 4×4 – Rantis Lapis Baja Futuristik, Unit Anti Teror FSB Rusia

PAGARALPOS.COM - Serangan teror di pinggiran kota Moskow pada hari Jumat, 22 Maret 2024, telah menewaskan 133 orang saat menantikan pementasan bank rock era Soviet “Picnic” di Crocus City Hall.

Serangan dilakukan oleh lima pria bersenjata yang menembak secara brutal, dan setelahnya ISIS mengklaim bertanggung jawab.

Pasca serangan, kepolisian dan unit anti teror dari FSB beraksi cepat, sejumlah teroris berhasil dibekuk saat dalam pelarian menuju perbatasan Ukraina-Belarusia.

Federal Security Service (FSB) yang bertanggung jawab atas keamanan dalam negeri, kontra-intelijen, kontra-terorisme sebagai penerus KGB di era Soviet, mengerahkan unit anti teror dalam insiden tersebut.

BACA JUGA:AS Donasi Ranpur ke Ukraina, M1117 Guardian Anti Ranjau, Ternyata Juga Pakean Yonkav Pragosa Satya Kodam Jaya

FSB memiliki satuan anti-teror yang dikenal sebagai “Alpha Group” atau “Spetsgruppa ‘A'”. Alpha Group adalah unit khusus dalam FSB yang ditugaskan untuk operasi anti-terorisme,.

Tidak hanya itu, juga misi penyelamatan sandera, dan operasi khusus lainnya yang memerlukan keahlian khusus.


Foto : Rantis lapis baja.-Zil Falcatus 4×4 – Rantis Lapis Baja Futuristik, Unit Anti Teror FSB Rusia-Indomiliter.com

Unit ini dianggap sebagai salah satu unit anti-teror terbaik di dunia dan sering kali terlibat dalam situasi-situasi kritis yang melibatkan terorisme di Rusia dan di luar negeri.

Dan salah satu yang unik dari Spetsgruppa ‘A yaitu dilengkapi dengan kendaraam taktis (taktis) lapis baja yang punya desain tak lazim. Punya tampilan futuristik ala mobil Batman (Batmobile), inilah rantis yang disebut “Falcatus.”

BACA JUGA:Banyak Tak Tau, TNI Punya Ranpur Amfibi Arisgator, Mampu Berenang di Laut, Dipersenjatai Pelontar Granat

Falcatus yang berpenggerak empat roda, dapat membawa 10 personel ke dalam pertempuran di berbagai posisi duduk. Falcatus sendiri dibangun dari sasis gandar ganda (double-axle chassis) Kamaz-4911.

Desain Falcatus dirancang pada awal tahun 2000-an oleh AMO Zil plant, yang spekulasi menyebut adanya partisipasi dari pabrikan otomotif Gaz.

Lantaran digunakan oleh unit satua khusus yang bergerak secara senyap, maka detail dan spesifikasi lengkap Falcatus tidak pernah diumbar kepada media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: