SHORAD NOMADS Hanud Pabrikan Norwegia, Dikabarkan Akan Dipasok ke Ukraina

SHORAD NOMADS Hanud Pabrikan Norwegia, Dikabarkan Akan Dipasok ke Ukraina

Foto : Rantis Nomads sebagai sistem Hanud.-SHORAD NOMADS Hanud Pabrikan Norwegia, Dikabarkan Akan Dipasok ke Ukraina-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Produsen pertahanan asal Norwegia, Kongsberg Defense & Aerospace melanjutkan demonstrasinya pada akhir Mei 2023 dengan meluncurkan solusi pertahanan udara terbarunya.

menerima penunjukan NOMADS (National Mobile Air Defense System) pada pameran pertahanan Eurosatory 2024 yang diadakan di Paris (17-21 Juni 2024).

Dirancang untuk melindungi pasukan yang bergerak, sistem pertahanan udara self-propelled (Khanud) ini mengambil banyak pelajaran dari perang Ukraina. Sumber tidak resmi mengatakan NOMADS mungkin akan diserahkan ke Ukraina.

NOMADS menyoroti kebangkitan minat terhadap pertahanan udara jarak pendek (SHORAD), yang telah diabaikan selama bertahun-tahun.

BACA JUGA:Keiler NG Miirip MBT, Ransus Pelibas Medan Ranjau

Dan itu akan menjadi bagian penting dari modernisasi militer Norwegia, khususnya di kawasan Arktik.

Model dasar diintegrasikan ke dalam ACSV (Armored Combat Support Vehicle) G5 milik Flensburger Fahrzeugbau GmbH (FFG) Jerman.

FFG sejauh ini telah mengirimkan 50 G5 ACSV dalam berbagai konfigurasi ke Angkatan Bersenjata Norwegia.

Melalui transfer teknologi dari NASAMS (National Advanced Surface-to-Air Missile System), modul NOMADS mencakup sensor aktif dan pengintai laser dalam konfigurasi radar 3D Active Electronically Scaned Array (AESA).

BACA JUGA:Keiler NG Miirip MBT, Ransus Pelibas Medan Ranjau

Ada juga sensor pasif dengan kamera siang dan malam serta kamera inframerah. NOMADS juga disebut NASAMS self-propelled dan dilengkapi dengan radar.

Yaitu radar X-band dan radar Xenta-M yang dikembangkan oleh perusahaan Denmark Weibel Scientific. Jangkauan radar ini dikatakan mencapai radius 75 km.

Semua sensor pada NOMADS terintegrasi dan dapat digabungkan dengan data dari sistem off-board.

Melalui arsitektur komando dan kontrol (C2) turunan NASAMS yang didukung oleh identifikasi standar NATO untuk teman atau musuh serta komunikasi VHF dan UHF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: