Banyak Tak Tau, TNI Punya Ranpur Amfibi Arisgator, Mampu Berenang di Laut, Dipersenjatai Pelontar Granat

Banyak Tak Tau, TNI Punya Ranpur Amfibi Arisgator, Mampu Berenang di Laut, Dipersenjatai Pelontar Granat

Foto : Ranpur amfibi Arisgator.-Banyak Tak Tau, TNI Punya Ranpur Amfibi Arisgator, Mampu Berenang di Laut, Dipersenjatai Pelontar Granat-Militer.id

PAGARALAMPOS.COM - Salah satu cara yang dilakukan untuk memperkuat TNI di laut terbuka adalah rutin melakukan latihan perang. Latihan gabungan yang diadakan memiliki skenario khusus seolah-olah benar-benar sedang bertempur di medan perang.

Untuk memperkuat kekuatannya dalam latihan perang ini dihadirkannya tank Arisgator. Supaya bisa lebih tahu mengenai kekuatan tank tersebut, simak uraian dibawah ini.

Tank Arisgator merupakan salah satu tank amfibi yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Tank tersebut buatan Amerika Serikat dan menjadi pengembangan dari tank-tank yang sebelumnya sudah dimiliki oleh TNI Angkatan Darat yaitu M113.

Sebagai salah satu tank amfibi, Arisgator bisa didaratkan oleh LST TNI Angkatan Darat dari laut tanpa harus lebih dulu berlabuh di pelabuhan tertentu.

BACA JUGA:Kolaborasi Dengan Museum Tank, Perusahaan Inggris Produksi Komponen Suku Cadang, Untuk Ranpur Ukraina

Jadi, tank ini bisa mendarat asalkan mendapatkan pantai yang bisa didarati. Jenis tank satu ini juga bisa berenang dengan sangat cepat setelah keluar dari kapal. Setelah itu, akan memasuki daratan untuk menggempur posisi musuh.

Bisa dibilang kehadiran tank ini bisa memperkuat kekuatan yang dimiliki oleh TNI. Setidaknya TNI AD telah membeli sekitar 200 unik tank tersebut dan tela dioperasikan di Indonesia.

Dalam hal persenjataan Arisgator ini dibekali dengan senapan mesin M2HB atau pelontar granat 40mm Mk19 Mod 0.

Ketika dalam kondisi yang cukup berat, Arisgator ini tetap saja gesit di laut terbuka. Bahkan kecepatan yang digunakan maksimal 6 Knot (11 Km/jam).

BACA JUGA:Mengenal Penjaga Benteng Terkuat di Ujung Barat Laut Indonesia, Begini Kekuatan Yonif 8 Marinir

Jika digunakan di darat, Arisgator bisa dipacu hingga 60 Km/jam dan menempuh jarak lebih dari 500 km.

Kemampuan Tank Arisgator

Arisgator menjadi salah satu tank yang sangat aman untuk digunakan di laut terbuka dan dalam kondisi yang sangat berat. Perlu diketahui jika Arisgator memiliki kemampuan di darat yang sama dengan kendaraan aslinya yaitu M113.


Foto : Ranpur amfibi Arisgator.-Banyak Tak Tau, TNI Punya Ranpur Amfibi Arisgator, Mampu Berenang di Laut, Dipersenjatai Pelontar Granat-Militer.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: