Polandia Segera Produksi MBT K2 Black Panther, Jumlahnya Sebanyak Ini

Polandia Segera Produksi MBT K2 Black Panther, Jumlahnya Sebanyak Ini

Foto : Medium Batle Tank-Polandia Segera Produksi MBT K2 Black Panther, Jumlahnya Sebanyak Ini-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Dengan adanya pembelian alutsista dalam jumlah besar oleh pemerintah Polandia senilai $14,5 miliar dari Korea Selatan, maka dipastikan diperlukan transfer teknologi yang maksimal dalam produksi alutsista.

Polandia, antara lain, membeli sejumlah besar tank tempur utama (MBT) K2 Black Panther dengan total 250 unit.

Dari beberapa unit MBT K2 yang diproduksi di Korea Selatan dan dikirim ke Polandia, beberapa Black Panther diproduksi di Polandia.

Sebagaimana dikutip oleh Armyrecognition.com, pada tanggal 20 Juni 2024, Wakil Perdana Menteri Władysław Kosiniak-Kamisz mengumumkan bahwa Polandia akan segera memulai produksi MBT K2.

BACA JUGA:Keiler NG Miirip MBT, Ransus Pelibas Medan Ranjau

Hal ini menyusul keberhasilan negosiasi lanjutan dengan Korea Selatan.

Perkembangan ini dipandang sebagai kesimpulan dari kesepakatan dengan Grup Amunisi Polandia (PGZ) untuk mempercepat upaya menuju dimulainya produksi.

Kosiniak-Kamysz mengkonfirmasi rencana untuk menandatangani kontrak eksekutif untuk produksi 180 unit MBT K2 Black Panter selama pameran industri pertahanan mendatang di Kielce, Polandia.

Sebelumnya, Military Industrial Automotive (WZM), bagian dari Polish Armaments Group (PGZ) dan Hyundai Rotem Company mengumumkan pada 31 Maret 2023.

BACA JUGA:Lawan Drone Kamikaze Rusia, Jerman Pasok MBT Leopard 1 Frankenstein Untuk Ukraina

Pembentukan usaha patungan (joint venture) untuk memproduksi MBT K2 Black Panther dan perangkat pendukungnya di Polandia.

Sebagai bentuk alih teknologi, maka pembentukan konsorsium merupakan langkah penting dalam pengembangan MBT K-2PL Black Panther yang dirancang khusus untuk Polandia.

Kesepakatan dengan Hyundai Rotem juga mencakup transfer teknologi dan pembentukan jalur produksi K2 di Polandia.

Yang akan menciptakan lapangan kerja baru dan berkontribusi pada pengembangan industri pertahanan dalam negeri Polandia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: