AS Donasi Ranpur ke Ukraina, M1117 Guardian Anti Ranjau, Ternyata Juga Pakean Yonkav Pragosa Satya Kodam Jaya

AS Donasi Ranpur ke Ukraina, M1117 Guardian Anti Ranjau, Ternyata Juga Pakean Yonkav Pragosa Satya Kodam Jaya

Foto : M1117 Ranpur anti ranjau.-AS Donasi Ranpur ke Ukraina, M1117 Guardian Anti Ranjau, Ternyata Juga Pakean Yonkav Pragosa Satya Kodam Jaya-Indomiliter.com

PAGARALAMPOS.COM - Ranpur (kendaraan tempur) yang satu ini bukan barang baru lagi, pasalnya M1117 Guardian adalah Ranpur roda ban 4×4 yang sudah digunakan sejak tahun 1999.

Ranpur yang layak disebut panser ini punya desain yang mirip dengan V-150 Commando, yang tak lain kedua ranpur diproduksi oleh pabrikan yang sama, Cadillac Gage (sekarang – Textron Marine & Land Systems).

Dan ada kabar bahwa unit perdana M1117 telah tiba di Ukraina sebagai bagian dari paket donasi persenjataan dari AS.

M1117 Guardian atau disebut juga Armored Security Vehicles (ASV), belum lama ini telah dipamerkan oleh militer Ukraina, setelah sebelumnya AS menjanjikan pengiriman M1117 pada tahun 2022.

BACA JUGA:Banyak Tak Tau, TNI Punya Ranpur Amfibi Arisgator, Mampu Berenang di Laut, Dipersenjatai Pelontar Granat

Menurut laporan Militarnyi, militer Ukraina membagikan rekaman yang menunjukkan M1117 selama latihan di salah satu tempat latihan Ukraina.

Pasokan ASV ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah AS untuk memberikan bantuan keamanan tambahan kepada Ukraina di bawah Ukraine Security Assistance Initiative (USAI).

Paket bantuan militer AS senilai US$400 juta yang diumumkan pada November 2022, yang di antaranya mencakup pasokan 250 unit ASV M1117 yang diperbarui serta peralatan dan dukungan lainnya.

Tentang M1117 Guardian, ranpur ini serasa tak asing bagi netizen di Indonesia. Pasalnya M1117 memang dirancang sebagai pengembangan dari ranpur Cadilage Cage V-150 Commando yang kini digunakan Batalyon Kavaleri 7 Pragosa Satya Kodam Jaya.


Foto : Ranpur anti ranjau.-AS Donasi Ranpur ke Ukraina, M1117 Guardian Anti Ranjau, Ternyata Juga Pakean Yonkav Pragosa Satya Kodam Jaya-Indomiliter.com

BACA JUGA:Kolaborasi Dengan Museum Tank, Perusahaan Inggris Produksi Komponen Suku Cadang, Untuk Ranpur Ukraina

Sebagai penyempurnaan dari V-150 Commando, M1117 Guardian tampil dengan peningkatan lapisan proteksi dengan IBD Modular Expandable Armor System.

Mulai ditugaskan sebagai elemen patroli internal di basis militer AS, M117 menjadi salah satu ranpur pertama AS yang dirancang dengan lambung khusus tahan ledakan ranjau.

Karena punya mobilitas tinggi dan mampu menahan efek ledakan ranjau, maka ranpur berbobot 15 ton ini ikut diturunkan AS dalam laga konflik di Irak, Afghanistan, Kolombia dan Suriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: